Berbagai Digital Campaign untuk Pemasaran

Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:38 WIB
0
70
Berbagai Digital Campaign untuk Pemasaran
https://www.dreambox.id/

Berikut adalah 7 macam kampanye iklan berbasis digital yang perlu dicermati agar memberikan hasil yang optimal.

1. Digital Campaign Search Engine Optimization atau SEO
Search Engine Optimization atau dikenal dengan istilah SEO bagi sebagian besar pengguna internet. SEO merupakan alat berbasis digital yang dirancang untuk mengoptimalkan mesin pencari Google. SEO dijalankan dengan menargetkan kata kunci tertentu yang disematkan di dalam konten. Fungsi SEO adalah membantu pebisnis agar lebih mudah membidik jangkauan market yang lebih luas.Search Engine Optimization hingga kini masih sering dimanfaatkan banyak orang karena manfaatnya yang besar. Penerapan Search Engine Optimization atau SEO yang tepat akan memunculkan konten di Page One halaman Google, sehingga konten yang Anda buat lebih cepat diakes oleh audiens.

Baca Juga: Tips Copywriting yang Menarik agar Mencapai Closing Deal

2. Search Engine Marketing atau SEM
SEM atau Search Engine Marketing juga dapat dimanfaatkan sebagai digital campaign. Fungsi Search Engine Marketing atau SEM untuk mendapatkan jangkauan pengunjung yang berasal dari mesin pencari Google. Search Engine Marketing merupakan salah satu jenis marketing digital yang memungkinkan Anda mempromosikan produk di halaman pertama mesin pencari. Pebisnis biasanya membutuhkan anggaran yang lebih besar apabila ingin menerapkan strategi Search Engine Marketing. Dengan demikian mesin pencari di halaman Google akan menampilkan hasil pencarian berbayar. Salah satu cirinya adalah tulisan “Ad” yang biasanya disematkan pada baris konten iklan bisnis tersebut. Anda dapat membeli spot iklan Search Engine Marketing yang menampilkan tulisan Ads.

3. Sosial Media Marketing atau SMM
Salah satu jenis digital campaign yang efektif mengoptimalkan pemasaran yaitu sosial media marketing atau SMM. Sosial media tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern seperti sekarang ini. Setiap hari banyak orang berbagi informasi dan komunikasi menggunakan media sosial. Selain itu saat ini media sosial dimanfaatkan masyarakat modern untuk berbagi video, foto, dan konten lainnya. Media sosial rupanya juga dimanfaatkan sebagai sarana promosi secara online. Hal ini lantaran jangkauannya sangat luas, sehingga memudahkan pebisnis yang ingin mengembangkan bisnis online maupun offline. 

4. Konten Digital Marketing dan Viral Marketing
Konten marketing adalah jenis digital campaign yang banyak dimanfaatkan pengguna internet. Namun ciri-cirinya berbeda dengan viral marketing yang juga berfungsi sebagai alat pemasaran digital seperti penjelasan di bawah ini:

Konten marketing dibuat tidak terbatas
Pembuatan konten marketing untuk menstimulasi ketertarikan orang terhadap produk bisnis yang ditawarkan., sehingga isi konten tidak terbatas seperti tulisan, caption, banner, website, video, gambar dan audio.

Membuat konten yang menarik minat
Konten marketing merupakan salah satu strategi dan praktik pemasaran yang dirancang melalui berbagai macam informasi berkualitas, yang dibuat harus memberikan manfaat dan mengundang ketertarikan orang.

Viral marketing dibuat berdasarkan konten populer
Viral marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan lewat konten yang berpotensi viral. Tujuannya untuk menarik audiens agar memberikan respon terhadap berbagai konten yang telah dilihat. Konten viral dapat dibuat dengan berbagai format seperti video, gambar, rekaman dan lainnya yang berpotensi viral. Bahannya juga bisa diambil dari konten yang lucu, aneh maupun sedang tren.

Baca Juga: Pentingnya Konsultan Branding untuk Meningkatkan Bisnis Anda

5. Digital Campaign oleh Influencer Marketing
Kampanye iklan yang dijalankan secara online juga bisa dilakukan melalui influencer marketing. Influencer marketing adalah orang-orang yang mempunyai pekerjaan mempromosikan produk barang maupun jasa.  Influencer marketing memiliki tugas mengajak orang-orang untuk melakukan tindakan pemesanan jasa atau pembelian produk. Setiap influencer mempunyai strategi masing-masing agar mendatangkan respon positif dari audiens. Bekerja sama dengan influencer bisa dilakukan untuk menjangkau demografis user sosial media yang besar. Secara umum bentuk kerjasamanya dapat dilakukan dengan pemberian giveaway, diskon maupun lomba.

Untuk informasi selengkapnya silahkan cek disini. Demikian penjelasan yang saya berikan, semoga bermanfaat!