Abimanyu Mishra, Calon GM Termuda di Dunia (2)

Meskipun ini turnamen tertutup dan hanya diikuti oleh 10 peserta tetapi bukan hal yang mudah untuk meraih norma GM di sini.

Rabu, 19 Mei 2021 | 19:35 WIB
0
139
Abimanyu Mishra, Calon GM Termuda di Dunia (2)
Abhimanyu Mishra (Foto: transmap.com)

Setelah meraih gelar IM-nya pada usia 10 tahun 9 bulan 3 hari, target Abimanyu Mishra berikutnya adalah memecahkan rekor peraih GM termuda di dunia yang masih dipegang Sergey Karjakin di usia 12 tahun 7 bulan. 

Namun di luar dugaan, pada awal tahun 2020, seluruh dunia dilanda kekacauan karena serangan Virus Corona. Semua turnamen ditunda atau dibatalkan. Empat belas bulan lamanya Abhi menunggu dengan sabar di rumahnya di New Jersey, AS, sampai keadaan mulai reda.

Meski tidak mudah, Abhi tetap mempersiapkan diri dengan cermat dan membuat dirinya siap jika suatu saat situasi kembali normal dan turnamen tatap muka di atas papan dimulai kembali. Ia tekun berlatih di bawah bimbingan pelatihnya GM Arun Prasad dan GM Magesh Chandran. 

Pada bulan Februari 2021, Abimanyu mulai bermain di turnamen-turnamen tatap muka di atas papan. Pada bulan April 2021, rating Abhi telah meningkat menjadi 2408. Saat itulah bocah cilik ini dan ayahnya memutuskan untuk tancap gas dan merekapun mengepak tas untuk keluar dari AS dan berangkat ke Hungaria!

Tidak mudah untuk berkunjung ke Hungaria di tengah situasi pandemi saat ini. Abhi dan Ayahnya harus menjalani berbagai tes dan karantina sebelum benar-benar diizinkan bermain di turnamen tatap muka di negara itu.

Turnamen pertamanya di sana adalah 2nd Vezeerkepzo GM di Budapest pada 14-24 April, hanya memberinya tambahan 16 poin rating. Setelah itu berlanjut ke turnamen kedua Vezerkepzo GM April 2021 pada 24-30 April. Abhi selain berhasil meraup 22 poin rating, ia juga meraih norma GM pertamanya di turnamen itu.

Setelah dua turnamen berat ini, idealnya Abhi mengambil rehat sejenak, karena bagaimanapun tidak mudah bermain di turnamen seperti ini dengan kondisi wajib memakai masker selama berjam-jam saat bermain.

Akan tetapi skenarionya tidak demikian, Abhi langsung terjun di turnamen First Saturday GM Round Robin May 2021 pada 1-12 Mei yang memberinya tambahan 30 poin rating lagi dan norma GM keduanya.

Abhi mencetak 8 poin dari sembilan babak tanpa pernah kalah untuk meraih gelar juara.

Lagi-lagi tanpa istirahat, Abhi langsung terjun di turnamen keempatnya, The Vezerkepzo International Chess Tournament yang dipentaskan di Budapest, Hungaria, pada 13-21 Mei 2021.

Setelah berlangsung empat babak, Abhi baru mengumpulkan 2 poin hasil dari satu kali menang pada babak pertama, satu kali kalah dan dua kali remis. Abhi kalah dari GM Gabor Nagy (2518) pada babak kedua dan remis dengan unggulan pertama GM Vojtech Plat (2556) pada babak ketiga.

Meskipun ini turnamen tertutup dan hanya diikuti oleh 10 peserta tetapi bukan hal yang mudah untuk meraih norma GM di sini. Karena Abhi paling tidak harus mampu mencetak 7 poin dari sembilan babak. Dengan demikian, dia tidak boleh lagi kalah atau remis di lima babak tersisa. 

Lawan Abhi di babak kelima adalah IM Julien Song dari Perancis. Partai mereka bisa ditonton di Follow Chess secara langsung mulai pukul 19.30 WIB.

***