Kenali 5 Jenis Penyakit Paling Umum di Indonesia

Rabu, 5 Oktober 2022 | 13:48 WIB
0
24
Kenali 5 Jenis Penyakit Paling Umum di Indonesia
Sumber: Canva.com

Ada banyak penyakit umum di Indonesia yang disebabkan oleh gaya hidup. Tubuh yang tidak aktif, jarang berjemur di bawah sinar matahari, banyak mengonsumsi fast food, air putih kurang, terlalu fokus pada peralatan makan, merokok, dll.

Kebanyakan penyakit yang timbul dari gaya hidup ini tidak menular. Namun, kita tetap perlu berhati-hati karena penyakit yang umum ini tidak hanya dialami oleh orang tua. Banyak anak muda juga mengalami hal ini.

Baca Juga: 5 Penyakit Umum di Indonesia, Konsumsi Vitamin agar Sehat

5 Jenis Penyakit Paling Umum di Indonesia

Memahami risiko kesehatan sejak dini akan menguntungkan Anda. Hal ini dapat membantu menentukan solusi yang paling tepat untuk mengobati dan mencegahnya. Karena itu, penting untuk mengetahui jenis penyakit yang paling umum saat ini.

1. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi disebut sebagai silent killer karena tidak memiliki gejala. Seringkali, penderita tidak menyadari tanda-tanda yang mengarah pada tekanan darah tinggi. Faktor risiko pemicunya antara lain usia, berat badan, konsumsi alkohol, merokok, dan kurang aktivitas.

2. Stroke

Stroke juga merupakan salah satu penyakit paling umum di Indonesia. Pemicu yang paling umum adalah kelebihan berat badan atau obesitas, usia, riwayat keluarga, dan gaya hidup. Anda harus waspada jika mengalami sakit kepala, mati rasa di wajah, lengan, dan kaki di satu sisi tubuh.

3. Gagal Jantung

Selain itu, salah satu kemungkinan penyebab gagal jantung adalah kekurangan vitamin D. Katup jantung tidak berfungsi secara optimal. Gejalanya meliputi sesak napas setelah bekerja berat, kelelahan, pergelangan kaki bengkak, pusing, dan jantung berdebar-debar. 

4. Diabetes

Ditetapkan sebagai penyakit umum di Indonesia karena korbannya baik-baik saja. Diabetes adalah penyakit degeneratif yang disebabkan oleh gangguan metabolisme. Penyakit ini disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas untuk memproduksi insulin. Selain itu, diabetes juga bisa disebabkan oleh pankreas yang tidak mampu menggunakan produksi insulin secara optimal dan efisien. 

5.TBC

Daya tahan tubuh yang lemah rentan terhadap salah satu penyakit paling umum di Indonesia. Mycobacterium tuberculosis adalah bakteri yang menyebabkan penyakit menular ini.

Tuberkulosis ditularkan melalui tetesan, yang merupakan tetesan kecil air yang dikeluarkan dari orang yang terinfeksi ketika mereka batuk, bersin, atau meludah. Tetesan yang dihirup oleh rata-rata orang langsung menular.

Wajib Konsumsi Vitamin untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Kehidupan modern erat kaitannya dengan gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini dianggap wajar dengan pemahaman bahwa rutinitas sehari-hari sangat padat. Karena aktivitas adalah alasan utama, seringkali solusi instan dan mudah adalah alternatif yang lebih sederhana.

Bagi mereka yang tidak dapat mempertahankan gaya hidup sehat secara optimal, disarankan untuk mengonsumsi banyak vitamin. Nutrisi ini harus dijaga keseimbangannya agar metabolisme tetap berjalan lancar dan sistem kekebalan tubuh tetap kuat. 

Banyak vitamin ditemukan dalam makanan sehari-hari. Anda juga bisa mendapatkan respons penuh melalui makanan fungsional. Lebih nyaman dikonsumsi dan diuji dalam pencegahan faktor risiko penyakit umum di Indonesia.

Baca Juga: Ini 5 Penyakit Umum yang Dialami Wanita

Demikian informasi mengenai jenis penyakit paling umum di Indonesia dan pentingnya mengonsumsi vitamin untuk jaga daya tahan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.