Richard Raport Merangkak ke Peringkat 6 Dunia

Meskipun Magnus menang dari Richard malam ini tetapi belum bisa menggeser posisi Richard dari peringkat pertama karena hanya akan dapat 3 poin.

Rabu, 15 September 2021 | 07:03 WIB
0
12
Richard Raport Merangkak ke Peringkat 6 Dunia
Richard Raport (Foto: Anastasi Karlovich)

Tidak tanggung-tanggung, pecatur Hungaria GM Richard Rapport bukan hanya menang pada babak ketujuh Norway Chess tadi malam dari GM Sergey Karjakin tetapi pecatur Hungaria berusia 24 tahun ini juga berhasil menggeser posisi GM Aleksander Grischuk, GM Anish Giri, dan GM Wesley So di peringkat dunia.

Richard kini menempat peringkat ke-6 di atas ketiga pecatur tersebut. Karena Norway Chess berlangsung 10 babak maka peluangnya untuk menggeser GM Levon Aronian dari posisi ke-5 juga masih terbuka.

Dua pecatur lainnya yang juga menang adalah GM Magnus Carlsen yang kembali menundukkan GM Aryan Tari dan GM Alireza Firouzja mempermalukan penantang juara dunia GM Ian Nepomniachtchi. Berikut klasemennya setelah babak ketujuh:

1. GM Richard Rapport 15½
2. GM Magnus Carlsen 12
3. GM Ian Nepomniachtchi 9½
4. GM Alireza Firouzja 9
5. GM Sergey Karjakin 8½
6. GM Aryan Tari 3

Meskipun Magnus menang dari Richard malam ini tetapi belum bisa menggeser posisi Richard dari peringkat pertama karena hanya akan dapat 3 poin.

Mulai Incar Posisi

Sebelumnya, Richard Rapport bukan hanya menang di babak keenam Norway Chess dari GM Aryan Tari tetapi pecatur berusia 24 tahun ini juga mulai menyerang posisi GM Aleksander Grischuk, GM Anish Giri, dan GM Wesley So di peringkat dunia.

Richard kini hanya terpaut 2, 4, dan 5 poin dari Grischuk, Giri dan Wesley So. Karena Altibox Norway Chess berlangsung 10 babak maka peluangnya untuk menggeser posisi ketiga pecatur tadi sangat besar.

Di meja lainnya GM Magnus Carlsen kembali menundukkan GM Alireza Firouzja sementara GM Sergey Karjakin menekuk GM Ian Nepomniachtchi lewat partai Armageddon. Berikut klasemen setelah babak keenam.

***