Abhimanyu Mishra Master Catur Termuda di AS

Pecatur prodigy ini memiliki gaya bermain yang agresif. Abhi juga mampu membuat kalkukasi dengan cepat di otaknya dan kuat menghadapi tekanan.

Kamis, 4 Juli 2019 | 19:40 WIB
0
496
Abhimanyu Mishra Master Catur Termuda di AS
Abhimanyu Mishra (Foto: Kasparov Chess Foundation)

Ini sebenarnya berita lama tahun 2018. Abhimanyu “Abhi” Mishra mencetak sejarah dengan menjadi master termuda di AS pada usia 9 tahun, 2 bulan 17 hari memecahkan rekor Liran Zhou 9 tahun, 3 bulan, 22 hari.

Sebelumnya Abhi sudah lebih dahulu mengejutkan Amerika setelah tampil sebagai pecatur termuda yang pernah meraih level Expert pada usia 7 tahun, 6 bulan, 22 hari memecahkan rekor Awonder Liang 8 tahun, 7 hari.

Berita lama ini menjadi menarik untuk ditulis karena setahun kemudian Abhi terpilih sebagai salah satu peserta dari "Young Stars USA" untuk mendapat pelatihan secara langsung dari GM Garry Kasparov. Ini menjadi bukti betapa istimewanya anak ini.

Hanya anak yang berbakat catur istimewa yang membuat legenda GM Garry Kasparov bersedia melatih termasuk WFM Samantha Edithso. Sayang tidak dimanfaatkan dengan baik.

Abhi, mengenal catur pada usia dua tahun dari ayahnya, Hermant, seorang pecatur kampus amatir. Abhi kemudian lebih sering bermain catur dengan menggunakan Ipad. Pada usia 5 tahun Abhi sudah mampu mengalahkan komputer.

Melihat bakat istimewa anaknya, Hermant kemudian memasukkan Abhi ke Kings and Queens Chess Academy. Pada usia 7 tahun ia sudah melampaui tingkat keterampilan permainan catur ayahnya.

Bukan hanya itu, Hermant juga mendaftarkan anaknya ke sekolah swasta di Long Branch, N.J. Di sana, ia cukup masuk kelas dua hari dalam seminggu. Selebihnya Mishra menghabiskan waktunya di rumah berlatih catur delapan jam setiap hari. Abhie memang tipe pekerja keras karena ia ingin menjadi juara dunia.

Ini bukan baru pertama Abhi dipanggil mengikuti pelatihan bersama Garry Kasparov. Bulan Desember tahun lalu ia juga diundang mengikuti Kasparov Chess Foundation's Young Stars Training Camp di New York. Saat itu Abhi adalah pecatur nomor satu dunia di bawah usia 9 tahun.

Pecatur prodigy ini memiliki gaya bermain yang agresif. Abhi juga mampu membuat kalkukasi dengan cepat di otaknya dan kuat menghadapi tekanan.

Namun sampai sejauh mana nantinya perjalanan karier Abhimanyu Mishra di dunia catur kita tunggu saja beritanya.

***