Tips Minum Obat Kapsul dengan Mudah

Jika Anda tetap mengalami kesulitan melakukan dua cara sebelumnya, cara ini bisa menjadi alternatif pilihan minum obat kapsul lainnya.

Rabu, 6 Oktober 2021 | 18:05 WIB
0
88
Tips Minum Obat Kapsul dengan Mudah
https://www.mandiradistra.com/id/

Kesulitan dalam menelan kapsul menjadi permasalahan penting ketika suatu penyakit menyerang dan harus mengonsumsi obat agar lekas sembuh. Namun, jika belum terbiasa menelan kapsul, obat biasanya akan dimuntahkan kembali jika dipaksa menelannya karena merasa tidak nyaman. 

Ada berbagai faktor yang menyebabkan obat tidak tertelan dengan sempurna, salah satunya karena faktor psikologis dari setiap orang. Sebelum obat sampai ke lidah, perasaan cemas biasanya sudah mengganggu sehingga sulit sekali agar lidah dan tenggorokan bekerja sama. Namun, Anda akan memiliki lebih banyak referensi cara minum obat kapsul yang paling tepat dengan mengetahui beberapa trik yang kami bahas di sini.

Baca Juga: Layanan (BMHS) Bunda Heart Center, Rumah Sakit Jantung Jakarta

4 Cara Minum Obat Kapsul untuk Anda

Kami merangkum empat trik menelan kapsul, beberapa di antaranya mungkin telah Anda ketahui. Anda tinggal memilih salah satunya yang dirasa paling mudah dan tidak memakan waktu. Berikut ini berbagai cara agar kapsul bisa tertelan secara sempurna.

1. Minum Air Terlebih Dahulu

Cara terakhir dilakukan dengan memasukkan air terlebih dahulu, kemudian memasukkan obat ke dalam mulut. Cara ini tentunya membutuhkan trik yang akurat karena salah langkah justru bisa menyemburkan air dan obat kapsul tidak ikut tertelan. Trik ini tidak termasuk metode ilmiah, tetapi banyak orang sudah mencoba dan mempercayainya. Jika penasaran, Anda bisa melakukan cara keempat saat sakit untuk memudahkan proses minum obat kapsul.

2. Gunakan Air Botol

Cara ini menggunakan air di dalam botol sebagai media yang mendorong kapsul. Namun, trik ini lebih efektif diterapkan ketika meminum tablet. Ketika air memasuki mulut, pastikan tidak ada gangguan yang menghambat kapsul terlarut agar melenggang sampai ke lambung. Lebih jelasnya, cara minum obat kapsul ini meletakkan kapsul di area belakang lidah, kemudian tutup mulut dengan botol berisi air. Teguk air perlahan dan biarkan kapsul tenggelam dengan posisi kepala agak mendongak sedikit agar tenggorokan tidak kering.

3. Campur dengan Makanan Lunak

Apabila tidak bisa menelan kapsul secara sempurna dengan menggunakan air, Anda bisa mencoba menggunakan cara menyembunyikan kapsul di dalam makanan yang lunak. Orang-orang biasanya memilih menggunakan pisang matang dengan sebisa mungkin menyembunyikan kapsul di dalamnya. Jika kendala takut minum obat karena rasa pahit, Anda berhati-hati agar jangan sampai obat terkunyah. Kapsul tersembunyi tersebut harus secepat mungkin tertelan bersama pisang atau makanan lembut lainnya.

Baca Juga: PBF adalah Usaha di Bidang Obat-obatan

4. Mencondongkan Tubuh

Trik ini diklaim lebih efektif diterapkan ketika meminum kapsul yang bobotnya lebih ringan daripada tablet. Caranya, letakkan kapsul di area belakang lidah, kemudian teguk air, tetapi jangan ditelan terlebih dahulu. Setelah air memasuki mulut, condongkan tubuh Anda ke depan atau ke area dada.

Cara ini menyarankan Anda menundukkan kepala sedikit dan menelannya ketika posisi tubuh sedikit bungkuk. Jika Anda tetap mengalami kesulitan melakukan dua cara sebelumnya, cara ini bisa menjadi alternatif pilihan minum obat kapsul lainnya.

Untuk informasi selengkapnya silahkan cek disini. Demikian penjelasan yang saya berikan, semoga bermanfaat!