Pecatur Iran Kembali WO

Dipandang sebagai pahlawan di Iran, IM Aryan Gholami bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei Februari lalu yang memuji pemuda itu atas keputusan yang diambilnya.

Jumat, 18 Oktober 2019 | 08:17 WIB
0
228
Pecatur Iran Kembali WO
Pecatur Iran bertemu Sang Pemimpin (Foto: Iranian Media)

Pada babak ke-4 World Youth Championships 2019, pecatur Iran, IM Aryan Gholami dipairing bertemu dengan pecatur Israel, FM Alexander Zlatin.

Batas waktu WO adalah 15 menit, tetapi Gholami tidak muncul di ruangan pertandingan sehingga dinyatakan walkover dan Zlatin mendapatkan poin penuh.

Insiden seperti ini bukan hanya sekali terjadi di turnamen catur. Pada bulan Januari lalu IM Aryan Gholami juga menolak bermain menghadapi pecatur Israel, IM Ariel Erenberg, di turnamen Rilton Cup di Swedia.

Kepada media Swedia, Gholami mengatakan bahwa ia pribadi tidak memiliki masalah dengan Ariel, tetapi "jika saya bermain melawan pecatur Israel, itu akan memiliki konsekuensi serius bagi saya."

Konsekuensinya seperti yang dialami oleh FM Borna Derakhshani di tahun 2017. Pecatur wanita Iran berusia 14 tahun itu, dihukum seumur hidup oleh Federasi Catur Iran tidak bisa mewakili negara itu karena bermain melawan pecatur Israel.

Dipandang sebagai pahlawan di Iran, IM Aryan Gholami bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada bulan Februari yang memuji pemuda itu atas keputusan yang diambilnya.

***