PMS [8] Memahami Saluran Media Sosial

Komunitas blogger online yaitu BlogCatalog, Global Voices, dan banyak lagi situs lain menyediakan koneksi ke banyak blogger dan grup juga.

Rabu, 27 Mei 2020 | 08:58 WIB
0
253
PMS [8] Memahami Saluran Media Sosial
ilustr: drlorraine.net

Sebagai seorang profesional pemasaran atau profesional manajemen, seseorang harus selaras dengan tren saat ini, terutama dalam hal saluran media dan berada di depan pelanggan. Jejaring media sosial telah membawa perubahan fenomenal pada perilaku konsumen. Sementara media cetak tradisional, media audio dan video adalah saluran komunikasi satu sisi yang menyediakan informasi melalui iklan kepada pembaca dan pemirsa dengan atau tanpa persetujuan mereka, saluran media sosial di sisi lain bersifat interaktif dan dikendalikan oleh konsumen sendiri.

Beriklan ke calon pelanggan di masa sekarang melibatkan penggunaan berbagai media termasuk media cetak, TV, situs web, blog, You Tube, Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest dan lain-lain. Perusahaan pemasaran saat ini tidak memiliki pilihan selain tersedia di semua saluran terkemuka. Oleh karena itu, menyusun strategi komunikasi dan periklanan memerlukan perancangan strategi media sosial yang terpisah setelah memahami semua tentang jejaring media sosial, perilaku konsumen, karakteristik, dan yang terpenting adalah elemen-elemen yang berbeda.

Beberapa saluran web sosial yang paling populer adalah blog, jejaring sosial, situs berbagi foto, audio (Pod Cast) dan berbagi video, wiki, email, SMS atau chatting, dan micro-blogging, dan lain-lain. Di bagian ini kita akan membahas secara singkat blog dan wiki yang kebetulan menjadi media percakapan yang sangat populer di web.

Blog

Blog adalah laman web tempat orang mengirim komentar, ulasan, atau menulis tentang topik tertentu dan berbagi informasi. Blogger pertama kali mulai menulis blog sebagai halaman penulis tunggal dan pemirsa akan mulai berkomentar dan diskusi akan terjadi dalam bentuk posting. Namun belakangan ini, blogging profesional telah menjadi dewasa di mana banyak penulis menulis dan berkontribusi pada blog tentang berbagai subjek dan topik.

Anda dapat menemukan blog di hampir semua bidang termasuk pribadi, profesional, terkait bisnis, akademik, dan penelitian, dan lain-lain. Bahkan blog dari universitas, grup berbasis riset dan minat terus meningkat. Tidak seperti sebelumnya di mana blog dikelola oleh individu, tren sekarang telah bergeser ke blog yang ditulis oleh banyak penulis meningkatkan konten serta kualitas diskusi.

Baca Juga: Blog Edukasi Mengalihkan Hoax

Hingga beberapa tahun yang lalu, blog-blog dulu mengandung pesan teks atau posting. Saat ini, blog profesional berisi kliping video, audio, dan gambar, dan lain-lain. Menjadikannya pengalaman yang memperkaya pemirsa. Perusahaan pemasaran menggunakan blog semacam itu untuk membangun merek dan iklan online.

Fakta bahwa web di seluruh dunia berisi lebih dari 200 juta blog berbicara untuk popularitasnya sebagai saluran.

Setiap manajer pemasaran dan mahasiswa manajemen perlu meluangkan waktu untuk membaca berbagai jenis blog dan memahami semua tentang mereka.

Seseorang harus dapat mengidentifikasi tema blog, memperkirakan volume posting, melihat pola komentar dan posting dan dapat merasakan denyut nadi individu. Memahami nada dan cara di mana diskusi diadakan dan dimoderatori akan memberikan satu ide tentang bagaimana menggunakan saluran ini secara efektif untuk pemasaran online.

Terminologi dan Sumber Daya

Komunitas blog disebut oleh perdagangan sebagai 'blogsphere'. Mirip dengan situs web, blog juga berisi tautan balik, gulungan blog, dan fitur lain yang memungkinkan berbagai blog saling terhubung dan jaringan satu sama lain.

Untuk mencari blog di berbagai topik, beberapa mesin pencari blog tersedia. Mereka menyediakan opsi pencarian untuk mencari tag terbaru dan populer yang digunakan dalam posting blog, dan lain-lain.

Komunitas blogger online yaitu BlogCatalog, Global Voices, dan banyak lagi situs lain menyediakan koneksi ke banyak blogger dan grup juga.

Beberapa perusahaan pemasaran dan bisnis membuat dan memelihara blog mereka sendiri yang dibuat hanya untuk tujuan mempromosikan produk dan iklan mereka untuk hal yang sama. Perusahaan semacam itu menggunakan layanan blogger profesional untuk membuat konten posting sesuai dengan desain strategi media sosial yang diberikan oleh perusahaan.

***
Solo, Rabu, 27 Mei 2020. 8:46 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko