E-Marketing [17] Strategi Internet Marketing

Pengembangan strategi pemasaran internet harus mengikuti jalur yang sama dengan strategi pemasaran apa pun, tanpa melupakan keunikan yang dibawa internet ke perusahaan.

Jumat, 15 November 2019 | 15:58 WIB
0
389
E-Marketing [17] Strategi Internet Marketing
ilustr: scoop coop

Pengantar

Internet dianggap sebagai mitra saluran. Oleh karena itu pemasaran online harus dianggap sebagai strategi pemasaran saluran. Organisasi perlu mendefinisikan tujuan spesifik dari pemasaran internet dan membangun komunikasi serta skema di sekitarnya.

Internet marketing adalah salah satu bentuk titik sentuh pelanggan di mana perusahaan berinteraksi langsung dengan pelanggan yang sudah ada maupun yang potensial.

Strategi Terpadu

Tantangan terbesar bagi perusahaan adalah untuk mengintegrasikan strategi pemasaran internet dengan strategi pemasaran secara keseluruhan. Alasan utama untuk tantangan ini adalah proses pemikiran yang menganggap internet sebagai entitas independen. Banyak organisasi yang belum membuat internet sebagai fungsi dari organisasi.

Internet adalah mitra saluran baru untuk banyak organisasi. Karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk membuat rencana pemasaran internet yang terpisah. Ketika perusahaan mulai memahami potensi penuh dari pemasaran internet, rencana pemasaran internet yang terpisah mungkin tidak diperlukan. Rencana pemasaran keseluruhan sekarang akan dikembangkan mengingat keunggulan strategis pemasaran internet.

Pembangunan Strategi

Setiap perusahaan perlu mengembangkan kerangka kerja logis untuk operasinya untuk memenuhi tujuan bisnisnya. Tujuan bisnis secara keseluruhan perlu dipecah menjadi tonggak, perusahaan harus mencapai dalam jangka waktu tertentu. Untuk mencapai tonggak ini, perusahaan perlu mengembangkan strategi di sekitar kegiatan utama.

Salah satu kegiatan utama dalam pengembangan strategi adalah pemasaran. Strategi yang dikembangkan untuk mencapai tujuan bisnis melalui pemasaran disebut sebagai rencana pemasaran.

Bangunan strategi pemasaran internet dimulai dengan memahami skenario pasar saat ini. Setelah menganalisis skenario pasar, perusahaan mengembangkan rencana pemasaran dan tujuan spesifik terkait internet. Untuk mencapai tujuan saluran internet, perusahaan mengembangkan rencana pemasaran internet. Setelah mengembangkan dan mendefinisikan rencana pemasaran internet, langkah selanjutnya adalah menganalisis keberadaan perusahaan secara online. Perusahaan dapat mulai bekerja menuju implementasi strategi pemasaran, jika sudah memiliki keberadaan online.

Suatu strategi akan dianggap tidak lengkap, jika tidak ada pemantauan terus menerus yang sama. Strategi dimodifikasi dan bekerja kembali berdasarkan umpan balik positif atau negatif.

Tinjauan Strategi

Organisasi berfungsi dalam lingkungan yang dinamis. Perlu dipastikan apakah strategi pemasaran saat ini efektif atau memerlukan modifikasi. Audit pemasaran internal ini berupaya menyelesaikan beberapa kegiatan utama berikut:

  • Tinjauan lengkap kemampuan internal perusahaan, proses dan sumber daya.
  • Tinjauan lengkap dari pasar saat ini dan persaingan, termasuk lingkungan mikro dan makro.
  • Tinjauan lengkap tentang kontribusi internet saat ini dalam rencana pemasaran.

Aspek lain dari tinjauan strategis adalah untuk menilai kontribusi saat ini dari rencana pemasaran internet dengan kegiatan pemasaran lainnya. Ini dapat dilakukan dengan memahami kemampuan pemasaran internet saat ini. Langkah pertama adalah memeriksa apakah perusahaan memiliki situs web sendiri.

Langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah situs web terdaftar dengan direktori bisnis online apa pun. Langkah selanjutnya adalah membuat situs web dengan informasi dasar perusahaan dan produk.

Langkah selanjutnya adalah membuat situs ini interaktif di mana pelanggan potensial dapat mengajukan pertanyaan lebih lanjut.

Langkah selanjutnya adalah mengembangkan situs web yang mampu melakukan kegiatan e-commerce serta meja layanan pelanggan. Langkah terakhir adalah mengembangkan situs web fungsional penuh yang dapat membantu perusahaan dalam pemasaran serta membangun hubungan.

Penetapan Tujuan

Setiap strategi atau rencana pemasaran harus dibangun untuk mendukung tujuan bisnis perusahaan secara keseluruhan. Perusahaan memiliki kecenderungan umum untuk mengembangkan rencana pemasaran internet jauh dari rencana pemasaran keseluruhan. Perusahaan telah menggunakan eksperimen dalam rencana pemasaran internet daripada pendekatan yang terfokus.

Kurangnya kejelasan dalam rencana pemasaran internet telah menyebabkan banyak kegagalan dengan perusahaan yang menderita kerugian finansial.

Integrasi internet dapat dilakukan melalui analisis berdasarkan skenario. Dalam analisis berbasis skenario, berbagai simulasi pasar dibuat untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan. Peran pemasaran internet dalam semua skenario perlu dieksplorasi untuk mengambil keuntungan penuh.

Manfaat finansial dari pemasaran internet akan melalui peningkatan penjualan dan pertumbuhan topline yang lebih baik. Pemasaran internet juga akan membantu dalam layanan pelanggan, dengan mengembangkan panduan self-help yang mudah, sehingga mengurangi biaya overhead.

Manfaat tak berwujud dari pemasaran internet adalah citra perusahaan yang lebih baik, visibilitas yang ditingkatkan, hubungan pelanggan, layanan pelanggan yang lebih baik, dan lain-lain.

Perumusan Strategi

Internet dianggap sebagai mitra saluran bagi perusahaan dan karenanya harus menjadi bagian dari strategi pemasaran saluran. Penting untuk mempertimbangkan strategi pemasaran internet sebagai berikut:

  • Strategi yang dikembangkan harus menguraikan tujuan yang menghasilkan arahan dan penjualan dari saluran ini.
  • Strategi tersebut harus menargetkan pelanggan yang merupakan pengguna internet.
  • Strategi ini mendukung pelanggan dalam membuat keputusan pembelian serta mengirimkan produk.
  • Strategi tersebut harus menyoroti diferensiasi dari persaingan.
  • Strategi tersebut harus mendorong konsumen untuk menggunakan internet bersama dengan saluran.
  • Strategi harus membantu dalam akuisisi pelanggan serta retensi.

Penerapan

Perusahaan perlu memastikan berbagai pro dan kontra dari strategi pemasaran internet sebelum penerapan satu strategi tertentu. Dengan sumber daya yang terbatas perusahaan mencari solusi yang dapat diterapkan.

Untuk menerapkan strategi pemasaran online, perusahaan memiliki berbagai aplikasi pemasaran. Perusahaan perlu mempertahankan portofolio aplikasi ini dan membuat pilihan yang cermat tergantung pada risiko dan penghargaan.

Pasca implementasi, penting untuk menjaga pelacak strategi. Pelacak ini sering berpusat pada, pelacakan pengunjung, pembuatan lead, penjualan online dan akhirnya retensi pelanggan.

Pengembangan strategi pemasaran internet harus mengikuti jalur yang sama dengan strategi pemasaran apa pun, tanpa melupakan keunikan yang dibawa internet ke perusahaan.

***
Solo, Jumat,15 November 2019. 3:39 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko