Apa Itu 'Crypto' ?

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 14:58 WIB
0
42
Apa Itu 'Crypto' ?
sumber gambar ; wahyuddinrosi.com

Crypto, juga dikenal sebagai uang elektronik, adalah mata uang virtual yang diminati banyak investor. Memiliki pengetahuan tentang Crypto, akan dapat membantu anda dalam memilih koin crypto yang tepat untuk investasi  Anda dan tidak dibingungkan oleh fluktuasi pasar. Jadi apa itu Kripto? Simak artikel berikut ini.

Apa itu 'Crypto' ?

Crypto (Mata Uang Kripto) disebut juga Uang Digital adalah serangkaian algoritme yang diamankan dengan kriptografi acak (Kriptografi), yang dapat menghindari pemalsuan.

Banyak cryptocurrency saat ini menggunakan jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain, sebagai buku besar terdistribusi pada jaringan banyak komputer yang berbeda.

Fitur yang membedakan mata uang digital adalah bahwa mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh lembaga pemerintah mana pun, sehingga Crypto secara teoritis kebal terhadap intervensi atau manipulasi pemerintah. Namun, sangat mungkin untuk dimanipulasi oleh perilaku spekulatif.

Crypto adalah bentuk aset digital berdasarkan jaringan yang didistribusikan melalui sejumlah besar komputer. Struktur terdesentralisasi ini memungkinkan kripto ada di luar kendali pemerintah dan otoritas pusat. Istilah "crypto" berasal dari teknik kriptografi yang digunakan untuk mengamankan keamanan jaringan.

Blockchain adalah komponen penting dari mata uang digital dan metode untuk memastikan integritas data transaksi. Banyak ahli percaya bahwa teknologi blockchain dan teknologi terkait akan membawa terobosan ke banyak industri, terutama keuangan dan hukum.

Cryptocurrency selalu menghadapi kritik karena sejumlah alasan termasuk penggunaan cryptocurrency untuk kegiatan ilegal, fluktuasi nilai tukar, dan kerentanan infrastruktur yang mendasarinya. Namun, mata uang digital juga disukai karena keamanan, pecahan, ketahanan terhadap inflasi, dan transparansi.

Bagaimana Crypto Bekerja

Crypto dirancang sebagai media pertukaran digital. Mekanisme kerja mata uang kripto sangat berbeda dengan mata uang fiat tradisional.

Cryptocurrency dibangun di atas fondasi inti Blockchain. Blockchain bekerja mirip dengan buku besar digital terdistribusi yang mencatat semua transaksi. Data akan disimpan dalam blok dan setiap blok terhubung ke blok sebelumnya. Dari sana terbentuk rantai besar tautan data. Saat anda ingin membuat perubahan pada informasi apa pun di blockchain, itu membutuhkan konsensus semua anggota dalam sistem.

Dengan teknologi Blockchain, setiap pengguna cryptocurrency memiliki salinan buku besar ini untuk membuat salinan data terpadu. Bagian ini akan melakukan fungsi pencatatan transaksi baru dan memperbarui semua salinan blockchain secara bersamaan.

Transaksi Jual Beli Crypto

Salah satu jenis cryptocurrency yang sangat populer adalah Bitcoin dengan kapitalisasi pasar terbanyak di dunia. Total valuasi pasar bitcoin sudah lebih dari 1,5 triliun dollar AS. Nilai tersebut setara dengan Rp. 17 triliun.

Untuk anda yang berminat membeli bitcoin, barangkali timbul persoalan di mana beli bitcoin serta bagaimana metode beli bitcoin secara sah di Indonesia. Metode dalam membeli bitcoin membutuhkan wallet ataup dompet bitcoin. Dompet itu yang nantinya jadi wadah dari Bitcoin yang dibeli. Namun  wadah tersebut berupa virtual.

Anda dapat membeli bitcoin melalui perusahaan yang mengelola asset Crypto yang sudah terdaftar di Bappebti antara lain:

- PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX).

- PT Crypto Indonesia Berkat (TOKOCRYPTO),

- PT Zipmex Exchange Indonesia (ZIPMEX)

- PT Indonesia Digital Exchange (IDEX)

- PT Pintu Kemana Saja (PINTU)

- PT Luno Indonesia LTD (LUNO)

- PT Cipta Koin Digital (KOINKU), dll

Dalam pelaksanaan transaksi jual beli Crypto, anda diwajibkan mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu, serta menyerahkan beberapa dokumen sebagai persyaratan. Setelah melalui proses perndafataran, kemudian anda perlu meyetorkan sejumlah deposit untuk bisa membeli Bitcoin dengan harga sesuai harga pasar saat itu. Selanjutnya anda bisa menggunakan sebuah aplikasi, sebagai contoh Pintu aplikasi jual beli Crypto yang dapat di unduh dengan mudah.

Demikianlah sekilas artikel tentang mata uang Crypto, semoga bermanfaat..