E-Marketing [5] Apa, Mengapa, dan Bagaimana E-Business

Jaringan media sosial telah muncul sebagai influencer utama yang membantu proses pengambilan keputusan pembeli dan mekanisme transaksi keuangan online juga telah mengubah preferensi.

Rabu, 2 Oktober 2019 | 15:58 WIB
0
220
E-Marketing [5] Apa, Mengapa, dan Bagaimana E-Business
ilustr: The DHL eCommerce Blog

Bisnis dan organisasi telah lama berorientasi pada pelanggan. Mereka telah beralih dari pola pikir produk dan layanan ke kepuasan pelanggan dan pola pikir Customer Delight. Harapan pelanggan menentukan strategi pemasaran dan bisnis organisasi. Organisasi telah mulai mendengarkan dan menyesuaikan dengan pasar dan pelanggan untuk meningkatkan pengiriman produknya dan mendapatkan hubungan dan loyalitas pelanggan.

Namun dalam lingkungan baru ekonomi digital, mereka harus mempelajari kembali semua pelajaran sehubungan dengan perilaku pelanggan. Tantangan bagi organisasi saat ini adalah tidak hanya menyesuaikan dengan pasar dan pelanggan tetapi untuk mengantisipasi dan memperkirakan perilaku pelanggan di pasar digital dan siap untuk melayani pelanggan di lingkungan baru.

Untuk semua bisnis, migrasi ke Net Economy baru adalah suatu keharusan. Perusahaan-perusahaan yang telah berhasil mengatur pelanggan di internet telah berhasil menjadi sukses. Ambil kasus Dominos, Wal Mart, Amazon, EBay dan lain-lain. Yang membedakan bisnis ini adalah bahwa mereka telah berhasil mengembangkan model bisnis mereka agar sesuai dengan Pelanggan yang menggunakan teknologi. Model bisnis yang berpusat pada pelanggan telah menjadi ciri khas kesuksesan mereka. Pembeda utama dapat dikatakan kombinasi teknologi dan juga fokus bisnis pelanggan sentris.

Kunci dari model E-Business adalah memahami kebutuhan pelanggan dengan mempertimbangkan lingkungan baru. Internet telah mengubah banyak dimensi untuk setiap pengguna. Teknologi telah mengubah persamaan daya dari produk dan layanan menjadi informasi dan kecepatan informasi. Di era baru internet dan pembelian/penjualan online, pelanggan tidak melihat produk atau layanan terbaik sendirian. Di pasar virtual di mana persaingan, produk dan layanan banyak, informasi dan kecepatan informasi telah menjadi pembeda utama.

Ambil kasus kurir. Ketersediaan lacak dan jejak kiriman yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam bidang kurir telah memberi kekuatan informasi kepada pelanggan yang memungkinkannya mengambil keputusan kunci dengan bantuan informasi yang ada.

Tergantung pada urgensi atau kebutuhan saat itu, kita dapat bekerja dengan perusahaan kurir untuk mengubah mode pengiriman, mengangkat pengiriman secara mendesak dan bertemu dengan batas waktu pengiriman pelanggannya. Untuk pengekspor bunga, buah dan pengekspor barang yang mudah rusak, informasi tersebut dapat membantu menangani situasi yang membuat atau menghancurkan.
 
E-marketing secara signifikan berbeda dari pemasaran tradisional. E-marketing dengan bantuan teknologi dan pergudangan data dapat mengenal dan menangani pelanggan secara individual daripada satu iklan generik yang ditujukan untuk masyarakat luas. Perusahaan dapat menjangkau, mengenali dan menyesuaikan produk dan solusi untuk pelanggan individu tertentu.
 
Pelanggan yang mengerti teknologi saat ini berbeda dari pembeli tradisional. Perilaku pembelian dan harapannya berbeda. Tuntutannya sebagian besar didorong dan diaktifkan oleh teknologi E-Business dengan kecepatan dan informasi menjadi penting untuk proses pembelian. Pengaruh dan proses pembelian juga telah berubah.

Jaringan media sosial telah muncul sebagai influencer utama yang membantu proses pengambilan keputusan pembeli dan mekanisme transaksi keuangan online juga telah mengubah preferensi dan metode pembelian pembeli. Memahami perilaku pelanggan baru dan membangun E-Business serta strategi pemasaran dalam lingkungan baru ini adalah tantangan bagi setiap manajer pemasaran.

***
Solo, Rabu, 2 Oktober 2019. 3:52 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko