Keunggulan dan Kelemahan Pemotongan Laser atau Laser Cutting

Metode pemotongan membuat material meleleh, menghasilkan emisi gas dan asap berbahaya. Jadi, sistem ventilasi yang baik, tetapi seringkali mahal, merupakan persyaratan untuk lingkungan kerja yang aman.

Sabtu, 19 Juni 2021 | 18:59 WIB
0
271
Keunggulan dan Kelemahan Pemotongan Laser atau Laser Cutting
Laser Cutting

Pemotongan Laser (Laser Cutting) adalah proses pemotongan dengan menggunakan sinar Laser yang paling dasar dan banyak digunakan dalam fabrikasi logam. Pemotongan laser adalah teknologi modern dalam industri karena banyak keunggulannya dibandingkan metode lain, namun demikian pada saat yang sama juga memiliki beberapa kelemahan. 

KEUNGGULAN PEMOTONGAN LASER (LASER CUTTING)

Alasan mengapa para insinyur lebih memilih jasa laser cutting yaitu layanan pemotongan laser, terletak pada daftar panjang keuntungan yang ditawarkannya. Keuntungan dari pemotongan laser adalah fleksibilitas, presisi, pengulangan, kecepatan, efektivitas biaya, kualitas tinggi, pemotongan tanpa kontak, keserbagunaan dan kemungkinan otomatisasi.

Fleksibilitas

Laser Cutting tidak memerlukan pertukaran alat untuk setiap pemotongan terpisah. Pengaturan yang sama dan cocok untuk memotong banyak bentuk berbeda dalam ketebalan bahan yang sama. Juga untuk pemotongan yang rumit tidak menimbulkan masalah.

Presisi

Akurasi adalah salah satu keunggulan utama pemotongan laser jika dibandingkan dengan metode pemotongan termal lainnya. Akurasi +/-0,1 mm memberikan peluang untuk mencapai presisi tinggi tanpa perawatan apa pun. Dalam kebanyakan kasus, standar yang begitu tinggi berarti tidak diperlukan toleransi tambahan.

Pengulangan

+/- 0,05 mm memastikan bagian yang cukup banyak replika satu sama lain.

Kecepatan

Pemotongan laser jauh lebih cepat daripada metode pemotongan mekanis tradisional. Terutama dalam kasus pemotongan yang lebih kompleks.

Ketika membandingkannya dengan metode pemotongan termal lainnya seperti plasma atau pemotongan api, penggunaan laser dengan kecepatan tinggi hingga ketebalan tertentu yaitu sekitar 10 mm. Poin keuntungan yang tepat bermuara pada kekuatan pemotong laser.

Otomatisasi

Pekerjaan ini membutuhkan sedikit tenaga kerja karena mesin pemotong laser kontemporer diatur secara otomatis. Operator mesin yang berpengalaman masih memainkan peran besar dalam kualitas akhir  dan sedikit kebutuhan tenaga kerja manual menghasilkan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan metode pemotongan lainnya.

Banyak mesin bahkan dilengkapi dengan sistem pengumpanan serta konveyor lanjutan. Tentu saja, pengaturan seperti itu menghasilkan mesin pemotong laser dengan harga lebih tinggi.

Kualitas

Dengan menggunakan pengaturan yang tepat, pemotong laser hanya meninggalkan serpihan kecil. Seringkali, bahkan tidak perlu menghapusnya. Tentu saja itu tergantung pada bahan, ketebalannya dan faktor lainnya.

Pemotongan Tanpa Kontak

Dalam hal pemotongan laser, hanya sinar yang bersentuhan dengan material. Karena itu, tidak ada gesekan mekanis lainnya.

Serba Guna

Ini mungkin salah satu aspek terpenting dari kehebatan pemotongan laser. Pemotongan laser cocok untuk banyak bahan yang berbeda. Diantaranya adalah logam yang berbeda, akrilik, MDF, kayu, kertas, dll. Satu mesin dapat dikonfigurasi untuk melakukan pekerjaan yang berbeda. Tentu saja, kemampuan untuk memotong beberapa bahan ini tergantung pada kekuatan mesin.

Banyak pemotong laser tidak hanya untuk memotong. Penandaan laser adalah cara lain untuk menggunakan mesin ini. Dan penandaan memiliki banyak aplikasi saat memproduksi produk sehari-hari.

Terakhir, teknologi ini cocok untuk berbagai profil. Pemotongan laser tabung dapat melakukan proses pada apa saja mulai dari bagian kotak hingga saluran terbuka.

KELEMAHAN DARI PEMOTONGAN LASER (LASER CUTTING)

Meskipun digunakan untuk memproduksi suku cadang di hampir setiap industri, pemotongan laser memang memiliki kelemahan. Yaitu, kebutuhan keahlian, batasan ketebalan logam, biaya dan asap berbahaya adalah semua hal yang perlu dipertimbangkan sebelum beralih ke pemotongan laser.

Butuh Keahlian

Operator spesialis adalah suatu keharusan untuk memaksimalkan potensi pemotong laser. Pengaturan yang tepat memastikan kualitas pemotongan sesuai dengan standar yang diharapkan orang dari teknologi ini.

Batasan Ketebalan Logam

Membandingkan pemotongan laser dengan metode pemotongan termal lainnya, tidak cocok untuk memotong pelat yang sangat tebal. Ketebalan terbesar yang sesuai tergantung pada mesin yang tersedia dan pengetahuan yang ada. Rata-rata, perusahaan fabrikasi logam cenderung memotong logam dengan laser hingga 15 atau 20 mm.

Biaya di Muka

Harga mesin pemotong laser bisa mencapai lebih dari £1.000.000. Laser bisa dua kali lebih mahal dibandingkan dengan pemotong waterjet atau plasma. Meskipun biaya operasional dan efisiensinya cukup untuk jangka panjang, investasi awal masih cukup besar.

Asap Berbahaya

Metode pemotongan membuat material meleleh, menghasilkan emisi gas dan asap berbahaya. Jadi, sistem ventilasi yang baik, tetapi seringkali mahal, merupakan persyaratan untuk lingkungan kerja yang aman.

Demikianlah semoga bermanfaat.

***