PMS [13] Perencanaan Iklan di Web Sosial

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:49 WIB
0
162
PMS [13] Perencanaan Iklan di Web Sosial
ilustr: HostPapa

Era internet dan web sosial mendefinisikan kembali pemasaran. Pemasaran online serta iklan online dan promosi merek dilakukan secara berbeda dari cara tradisional. Ketika kita mempertimbangkan cara tradisional dalam pemasaran dan membangun loyalitas pelanggan, kita akan menemukan bahwa pengalaman positif pelanggan terhadap produk atau layanan membantu membangun loyalitas. Sangat menarik untuk mempelajari aspek yang sama di jejaring sosial untuk mengidentifikasi dan membangun cara komunitas online membangun dan mendukung suatu produk atau layanan.

Interaksi online di jejaring sosial dilakukan oleh individu dan pada saat yang sama pendapat dan kesetiaan yang diungkapkan akan bersifat kolektif. Ini tidak demikian halnya dengan media tradisional. Faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa berlangganan peserta komunitas online dapat diukur dan dihitung. Seluruh proses membangun loyalitas dapat dengan mudah disusuri dan dilacak di web sosial. Di jejaring sosial, seseorang mungkin tidak perlu berbicara tentang kesetiaan terhadap merek, tetapi konsep yang sama disebut sebagai reputasi suatu merek.

Reputasi merek dibangun sebagai hasil dari percakapan dan diskusi yang diadakan oleh individu tetapi reputasi dibangun oleh partisipasi dan pendapat kolektif dari seluruh komunitas. Lebih lanjut tentang pendapat masyarakat membantu memperkuat loyalitas atau komitmen peserta individu terhadap merek.

Reputasi yang dibangun oleh komunitas semakin dimanfaatkan dan menyebar ke jaringan lain dan perlahan-lahan mulai terdengar desas-desus di sekitar merek. Peluncuran produk baru menggunakan buzz dan mendapatkan popularitas di jutaan pelanggan.

Pada tahap ini, penting bagi pemasar untuk memetakan dan memahami perilaku serta atribut peserta individu serta masyarakat secara keseluruhan. Dengan memahami keduanya, baik kolektif maupun individu, adalah mungkin untuk mempengaruhi yang satu untuk mempengaruhi yang lain. Dengan demikian perusahaan dapat bekerja untuk mempengaruhi masyarakat di mana individu juga akan terpengaruh secara otomatis.

Setiap pemasar perlu mengetahui perbedaan mendasar antara saluran media tradisional dan web sosial. Di web sosial, iklan atau pemasaran tidak sepihak tetapi partisipatif. Itu adalah peserta yang mengendalikan web sosial dan diskusi dan bukan perusahaan sendiri. Orang mungkin berpikir tidak hadir di web sosial. Tetapi berpikir dengan cara ini bisa menjadi kesalahan besar. Jika pelanggan tersedia dalam bentuk komunitas online dan jika mereka mendiskusikan produk atau layanan kita, penting bagi kita untuk berpartisipasi juga. Ketidakhadiran dari web sosial dalam situasi seperti itu dapat menyebabkan kerusakan pada reputasi perusahaan yang mungkin dipandang negatif oleh komunitas kolektif.

Web sosial sendiri tidak dapat menjadi solusi lengkap untuk pemasaran atau pengiklanan produk dan layanan ke pasar. Web sosial harus digunakan sebagai pelengkap saluran tradisional. Jika kita memahami tren di antara orang-orang, kita akan menemukan bahwa setiap individu cenderung untuk memeriksa detail produk atau layanan yang dapat dilihatnya di TV atau media cetak. Ini selanjutnya membuktikan kebutuhan untuk pemasaran di web sosial.

***
Solo, Jumat, 12 Juni 2020. 7:34 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko