E-Marketing [32] Manajer Pemasaran Harus Tahu tentang Sistem E-Procurement

Mengenal detail proses pembelian E Pelanggan membantu anda memposisikan diri anda dengan tepat untuk dapat dipilih dan memasok produk dan layanan anda.

Kamis, 9 Januari 2020 | 15:46 WIB
0
252
E-Marketing [32] Manajer Pemasaran Harus Tahu tentang Sistem E-Procurement
ilustr: blog.playerlync.com

Kata pelanggan segera membunyikan lonceng di benak marketing man. Tidak seperti pada masa-masa sebelumnya ketika marketing atau seorang eksekutif penjualan menghabiskan waktu di lapangan, mengunjungi dan menghabiskan waktu bersama pelanggannya untuk memahami perilaku pelanggan, saat ini sebagian besar eksekutif pemasaran menghabiskan waktu dalam pengumpulan, menganalisis data tentang pelanggan, dalam perencanaan dan akhirnya pertemuan pelanggan dengan agenda yang pasti. Persiapan serta output yang diharapkan dari kunjungan pelanggan telah berubah.

Dengan kedatangan E-Markets, skenario dan profil pelanggan sekali lagi berubah. Manajer pemasaran sekarang harus mengikuti perkembangan tidak hanya dengan strategi E-Marketing tetapi juga penting bahwa mereka harus mengetahui lebih banyak secara detail tentang E-Procurement (pengadaan). Baik itu individu atau organisasi, proses pengadaan berubah. Internet memungkinkan mereka mengubah proses pembelian mereka. Mengenal semua praktik E-Procurement dan proses operasional sangat penting dari perspektif manajer penjualan dan pemasaran.

Sementara seseorang dapat melihat situs web perusahaan anda atau situs perdagangan seperti E-Bay untuk opsi pembelian terbaik, organisasi cenderung mengikuti berbagai metode E-Procurement. Dell meminta penawaran E untuk membeli layanan, memilih mitra rantai pasokan untuk mengelola transportasi internasional, multi moda, bea cukai, pergudangan, dokumentasi, pengemasan, dan layanan distribusi domestik. E-Bidding memungkinkan bidder yang disukai atau diundang yang telah pra kualifikasi untuk mengajukan penawaran.

Proses penawaran online tersebar di beberapa putaran yang memungkinkan bagi penawar untuk mempertimbangkan kembali penawarannya dengan umpan balik terbatas yang diberikan oleh penawar dan klarifikasi yang diberikan kepada pertanyaan. Prosesnya kedap air, instan dan transparan.

Seluruh proses penawaran dikelola melalui dan menggunakan penyedia layanan pihak ketiga yang berspesialisasi dalam Penawaran E. Bahkan tim DELL selain pemilik penawaran tidak dapat melihat rincian penawaran atau memengaruhi hasil atau keputusan apa pun. Biasanya tawaran semacam itu mencakup volume besar dan nilai tinggi dalam hal penjualan dan layanan dan menutupi persediaan selama satu tahun atau lebih.

Agar dapat berpartisipasi dalam Penawaran E tersebut, diperlukan pemahaman lengkap tentang proses penawaran, pemahaman tentang pengoperasian sistem, serta pekerjaan rumah latar belakang yang lengkap tentang proposal penawaran dan penetapan harga dari pihak anda adalah sangat penting.

Karena tawaran online tidak memberi anda waktu atau kesempatan untuk kembali ke manajemen anda untuk mencari persetujuan untuk pertimbangan ulang harga, dan lain-lain, anda harus membawa keputusan bersama anda saat masuk untuk Penawaran E. Ini berarti anda harus melakukan pekerjaan rumah penetapan harga secara menyeluruh, membahasnya dengan manajemen dan sampai pada penetapan harga akhir.

Jika anda adalah penawar, anda memiliki wewenang untuk melaksanakan penawaran dan keputusan anda akan mengikat perusahaan dan manajemen. Karena itu, anda perlu memiliki kejernihan pikiran, otoritas, dan pemahaman semua data dan fakta yang memungkinkan anda mengambil keputusan atas tawaran anda.

Persiapan sebelumnya adalah suatu keharusan dan harus saat masuk untuk Penawaran E online. Penting juga untuk memiliki tim penjualan yang dapat mendukung anda bersama anda selama Tawaran E. Para pembuat keputusan, dukungan penetapan biaya serta tim pendukung operasional harus siap sedia untuk membantu anda mengambil keputusan.

GE telah menerapkan sistem Pengadaan E secara global yang telah terbukti sangat efektif. GE memilih dan menyetujui vendor yang terdaftar dan ditambahkan ke sistem pengadaan E. Setelah disetujui, vendor dapat melihat persyaratan atau pertanyaan pembelian yang dikirimkan oleh GE. Vendor mana pun yang dapat menawarkan harga terbaik, ketentuan terbaik dan jadwal pengiriman terbaik diterima.

Dari antara vendor yang disetujui, GE memiliki pilihan untuk menerima penawaran terbaik. P.order dikonfirmasi secara elektronik dan ditempatkan pada vendor yang dipilih. Sisa proses penerimaan pengiriman dan pembayaran sesuai ketentuan yang disepakati sebelumnya terjadi secara otomatis melalui sistem.

Mengenal detail proses pembelian E Pelanggan membantu anda memposisikan diri anda dengan tepat untuk dapat dipilih dan memasok produk dan layanan anda atau dengan kata lain, untuk menyelesaikan penjualan dengan sukses.

***
Solo, Kamis, 9 Januari 2020. 3:29 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko