E-Marketing [8] Teknologi terkait E-Commerce

Manajer pemasaran tidak hanya menghadapi tantangan karena harus memahami pelanggan internet dan perilakunya, tetapi juga harus memahami lingkungan teknologi.

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 15:22 WIB
0
300
E-Marketing [8] Teknologi terkait E-Commerce
ilustr: ipswich

Seorang awam yang menggunakan internet diliputi oleh banyaknya informasi yang dapat diaksesnya secara instan. Sedikit orang yang tahu bahwa apa yang disebut informasi jalan tinggi adalah puncak dari ribuan jaringan, berbagai teknologi, platform, aplikasi dan program yang bekerja bersama dalam koordinasi untuk mengirimkan informasi kepada anda dan untuk memungkinkan transaksi bisnis yang sukses.

Masuk ke E-Commerce hanyalah hal yang tak terhindarkan untuk semua organisasi bisnis. Namun merancang strategi E-Marketing dan menyiapkan infrastruktur teknis untuk memungkinkan transaksi bisnis melalui internet bukanlah tugas yang mudah. Ini membutuhkan pemahaman menyeluruh tentang lingkungan teknologi, pro dan kontra penggunaan internet serta menerapkan struktur pendukung dan proses bisnis yang bertindak sebagai cadangan untuk E Commerce. Pemahaman ini sangat penting untuk Manajemen serta Manajer Pemasaran yang merupakan perencana utama strategi E-Marketing.

Sebagian besar Organisasi menjaga E-Commerce dan infrastruktur TI terkait internet mereka terpisah dari server dan informasi internal Perusahaan. World Wide Web benar-benar merupakan jalan besar yang terbuka di mana informasi apa pun yang tersedia di server dapat diakses oleh siapa saja melalui mekanisme pencarian. Terlebih lagi ada beberapa alat yang tersedia di internet yang dapat digunakan oleh peretas untuk mencuri informasi dari situs anda, untuk mengalihkan lalu lintas dari sistem surat anda dan bermain malapetaka dengan situs web anda.

Organisasi tidak ingin menyimpan semua informasi terbuka untuk satu dan semua. Beberapa teknologi seperti intranet yang menampung informasi dan membuatnya tersedia untuk internal serta otentikasi, enkripsi data dan teknologi firewall ikut berperan sebagai bagian penting dan integral dari desain TI. Setiap hari metode baru peretasan, penyebaran virus dll sedang diperkenalkan ke internet memaksa Organisasi untuk terus memantau dan meningkatkan keamanan sistem internet mereka serta keamanan transaksional dan ini panggilan untuk investasi berkelanjutan.

Lingkungan teknologi internet juga didominasi oleh teknologi multi-media serta teknologi jaringan komunikasi yang terus berkembang. Informasi dikirim ke pelanggan menggunakan multi media menggunakan audio serta mode video. Mengirim dan menjangkau informasi dan panggilan konten untuk konektivitas dan teknologi infrastruktur perangkat keras.

Kami telah melihat perkembangan teknologi 2G, 3G, 4G yang tersedia melalui kabel, satelit, mode Wi-Fi yang menghubungkan tidak hanya ke Komputer tetapi juga ke sejumlah perangkat genggam lainnya seperti ponsel pintar, tablet, dan lain-lain. Saat ini konektivitas terkait infrastruktur telah menggabungkan suara | telepon, data serta video dan penyedia layanan berlomba-lomba untuk mendominasi layanan titik akhir bagi pelanggan individu sebagai penyedia layanan terintegrasi.

Dalam hal melakukan bisnis melalui internet baik itu bertukar surat, mengirim dokumen atau mempengaruhi transaksi, beberapa teknologi seperti tanda tangan digital dan protokol kriptografi lainnya harus digunakan untuk memastikan keaslian serta mencegah gangguan, dll. Otentikasi dan proses validasi selain pemeriksaan keamanan membentuk dasar dari transaksi binis E. Di bidang hukum juga, Organisasi harus mewaspadai isu-isu terkait penulisan salinan, lisensi, dan kekayaan intelektual ketika datang ke bisnis E dan situs web mereka.

Masuk ke E-Bisnis | Commerce menyerukan untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan. Ketika ada dampak finansial dalam transaksi apa pun dan ketika menyangkut transaksi keuangan online, keamanan dan penyelesaian transaksi harus tanpa cacat. Agar pelanggan dapat mempercayai perusahaan dan setuju untuk melakukan pembayaran online, sistem serta pemeriksaan dan keseimbangan keamanan harus menjadi bukti bodoh dan perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Pemahaman tentang lingkungan teknologi, pengetahuan tentang ancaman, kemampuan untuk membangun sistem yang lebih kuat, memastikan bahwa transaksi dan proses yang mematuhi hukum serta kepatuhan pajak adalah dasar-dasar yang harus diperhitungkan saat merancang strategi E-Marketing. Semua masalah ini harus diatasi dengan menggunakan produk teknologi dan pemasok pihak ketiga.

Manajer pemasaran tidak hanya menghadapi tantangan karena harus memahami pelanggan internet dan perilakunya, tetapi juga harus memahami lingkungan teknologi, ancaman dan perangkap bersama dengan masalah kepatuhan yang ada. Elemen teknologi adalah salah satu komponen utama yang mempengaruhi strategi Bisnis E.

***
Solo, Sabtu, 12 Oktober 2019. 3:07 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko