PMS [14] Siapa yang Mengendalikan Konten Web Sosial?

Membangun citra merek dan reputasi memang membutuhkan waktu lama dan organisasi perlu memiliki minat dan keterlibatan berkelanjutan dengan komunitas blogging.

Selasa, 16 Juni 2020 | 20:23 WIB
0
188
PMS [14] Siapa yang Mengendalikan Konten Web Sosial?
ilustr: shorelinewebmarketing

Mereka yang gemar sebagai blogger menghabiskan berjam-jam di internet untuk membahas dan berbagi informasi dengan orang lain melalui beberapa jejaring sosial. Blogging, mengobrol dan streaming musik serta video dan menjalin pertemanan baru serta memeriksa situs dan jaringan baru adalah cara kebanyakan orang menghabiskan malam mereka.

Web sosial telah memungkinkan pengguna untuk menggunakan beberapa alat multi-media dan dengan demikian memberi mereka kebebasan untuk mengekspresikan diri melalui media tertulis, audio atau video. Komunikasi dan interaksi sosial adalah salah satu kecenderungan dasar manusia dan masyarakat pada umumnya.

Melalui web, orang cenderung berbagi pengalaman, pandangan, dan semua tentang apa yang terjadi dalam hidup mereka serta di sekitar mereka. Karena itu, baik itu informasi tentang pengalaman perjalanan mereka atau perayaan ulang tahun dan ulang tahun, kitaa akan menemukan orang-orang yang mendiskusikan beberapa masalah.

Ditampilkan dalam diskusi mereka akan menjadi referensi ke berbagai produk atau layanan yang mereka temui atau gunakan. Pengalaman mereka dalam menggunakan atau pengetahuan dan kesadaran mereka tentang produk serta persepsi mereka mulai dikenal dan dibahas secara luas.

Ketika diskusi kelompok terjadi mengenai produk atau layanan apa pun, responsnya bisa positif atau negatif tergantung pada anggota dan tren diskusi. Seorang pemasar pasti akan tertarik pada segmen ceruk ini untuk memastikan bahwa ia berkontribusi pada diskusi dan membantu membangun loyalitas merek.

Konten di jejaring sosial sebagian besar dibangun atau dibuat oleh masing-masing peserta. Setiap individu mampu membuat dan mengunggah konten apa pun yang menurutnya benar. Para ahli dalam konsultasi web sosial menyebut ini sebagai media yang dibuat oleh konsumen dan mencakup semua jenis blog, video, foto, musik serta ulasan, penilaian, dan lain-lain. Pemasar sebaiknya mengingat bahwa semua konten dihasilkan oleh para peserta dan mereka mengendalikan cara diskusi dikembangkan dan pendapat dibentuk.

Jika pemasar tidak dapat mengendalikan konten dan diskusi di jejaring sosial, bagaimana mereka dapat berpartisipasi dan menyampaikan pesan mereka kepada khalayak ?. Memahami dan mengukur blog dan jaringan lain membantu para pemasar merancang strategi untuk berpartisipasi dan memasarkan produk dan layanan mereka secara online dan memengaruhi jejaring sosial.

Pengukuran dan penandaan blog memberikan informasi terperinci kepada pemasar tentang jumlah forum, jumlah peserta, serta tren pendapat umum tentang produk atau kategori layanan mereka.

Ketika orang mendiskusikan sesuatu dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan dan pengalaman mereka, banyak data mengenai harga tiket pesawat, menginap di hotel atau tentang diskon yang ditawarkan pada mobil dan pengalaman berbelanja muncul dalam diskusi.

Memahami dan menganalisis umpan balik yang diterima dari jejaring sosial semacam itu dapat digunakan secara efektif oleh organisasi untuk menyempurnakan produk atau tawaran layanan mereka serta menciptakan produk atau layanan khusus untuk setiap segmen.

Menggunakan alat multimedia yang sama dalam hal audiovisual dan lain-lain, kita dapat menunjukkan kinerja produk, fitur atau pengalaman yang akan jauh lebih efektif daripada hanya kata-kata. Ketika umpan balik diterjemahkan ke dalam tindakan dan hal yang sama diintimidasi oleh pemasar kepada para peserta dalam jaringan, pelanggan cenderung menghargai tanggapan seperti itu dan loyalitas merek atau reputasi kemungkinan akan tumbuh.

Untuk menjadi sukses di web sosial, pemasar harus hadir dan berpartisipasi aktif dengan kelompok terkait. Meskipun seseorang mungkin tidak dapat mengendalikan konten atau tren diskusi di jejaring sosial, pemasar pasti dapat memengaruhi dan memandu diskusi. Membangun citra merek dan reputasi memang membutuhkan waktu lama dan organisasi perlu memiliki minat dan keterlibatan berkelanjutan dengan komunitas blogging.

***
Solo, Selasa, 16 Juni 2020. 8:03 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko