E-Marketing [1] Pengantar E-Commerce dan Internet

E-Commerce telah memungkinkan para penjual untuk menjangkau pasar dan konsumen di seluruh dunia, sehingga mengubah cara bisnis dilakukan.

Kamis, 19 September 2019 | 21:01 WIB
0
250
E-Marketing [1] Pengantar E-Commerce dan Internet
ilustr: articels.co

Kita hidup di zaman kemajuan teknologi. Perkembangan dalam masyarakat kita mulai terjadi pasca Perang Dunia, di mana dalam revolusi industri mulai mengubah wajah ekonomi. Dengan evolusi teknologi informasi, kita pertama kali mendengar Radio dan kemudian TV yang dapat menangkap gambar dari udara dan menunjukkannya di kotak TV. Kemudian muncul 'Komputer' yang merupakan kotak ajaib. Komputer dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menandakan kedatangan teknologi 'Internet' atau 'World Wide Web'.

Apa perbedaan yang dibuat Internet untuk kehidupan kita. Tidak ada penemuan lain yang memiliki kekuatan transformasional massa atas seluruh masyarakat manusia, perusahaan, bisnis, ekonomi serta sistem politik, pendidikan dan komunitas dunia dan bangsa-bangsa pada umumnya. Internet secara tepat disebut jalan raya yang telah berhasil menghapus perbatasan antara negara dan masyarakat dan membawa masyarakat manusia ke tingkat yang berbeda sama sekali.

Lihatlah hidup kita hari ini. Tidak ada aspek kehidupan kita yang tidak terhubung dengan internet dalam satu atau lain cara. Dari kebutuhan individu untuk menemukan pasangan kencan atau pasangan hidup yang cocok hingga perbankan, asuransi, dan pembayaran lainnya serta makan malam dan tidak melupakan belanja online, internet telah berhasil menjadi fasilitator utama bagi setiap individu.

Saat ini jutaan pengguna mengakses dan menggunakan internet untuk berbagai keperluan sepanjang hari. Mereka menggunakan internet untuk mencari, menjelajah, menulis dan komunikasi, mendengarkan, menonton berita, video, menerbitkan penyalinan, mencetak, berdiskusi, berdagang dan menjual dan lain-lain. Daftar kegiatan dan pilihan yang ditawarkan internet kepada individu semakin berkembang .

Dengan jutaan pengguna yang secara aktif mencari berbagai produk, informasi, dan layanan, ada peluang besar bagi bisnis untuk beralih ke kereta musik internet dan menguangkan peluang bisnis yang muncul setiap menit.

Teknologi telah membantu membangun platform yang memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan populasi besar dan pasar yang sekarang dapat diakses melalui internet dan menjual kepada mereka. Ambil contoh perbankan online, perbankan mobile, debit/kartu kredit, ATM, serta perdagangan online dan transaksi bisnis lainnya, semua ini telah tumbuh dan terjadi sebagai akibat dari kemajuan teknologi dalam hal komunikasi, perangkat lunak serta teknologi perangkat keras.

Dari saat seseorang terhubung ke internet menggunakan desktop, model dan saluran telepon hingga teknologi Wi-Fi saat ini, kita telah lulus dengan sangat cepat sehingga memungkinkan untuk membeli dan menjual hanya dengan mengklik tombol. Di tingkat lain, proses bisnis serta ERP yang digabungkan dengan berbagai perangkat lunak dan aplikasi selain EDI, telah memungkinkan bisnis untuk menggunakan 'On Line' dengan model bisnis mereka.
 
Saat ini tidak ada bisnis, baik bisnis ke bisnis atau bisnis ke konsumen, dapat mengabaikan 'Pasar Online' besar yang ada di internet. E Commerce tidak bisa dihindari. Pasar fisik benar-benar telah diganti dengan 'Pasar Virtual'. E-Commerce telah berdampak luas pada organisasi bisnis karena telah mendefinisikan ulang 'Pasar'.

E-Commerce telah memungkinkan para penjual untuk menjangkau pasar dan konsumen di seluruh dunia, sehingga mengubah cara bisnis dilakukan. Untuk setiap calon profesional manajemen, pemahaman mendalam tentang marketing pemasaran online ’dan‘ E-Commerce ’telah menjadi sangat penting.

Manajer pemasaran harus kembali ke ruang kelas untuk mempelajari aturan permainan baru dalam menangani pemasaran online yang secara drastis dan sama sekali berbeda dari strategi pemasaran, penjualan, distribusi, dan periklanan tradisional.

Memahami semua tentang internet, mekanisme E-Commerce, teknologi, mempelajari cara memasarkan online, memahami Pelanggan E dan belajar mengidentifikasi, membangun, dan memelihara hubungan dengan E-Commerce menjadi blok bangunan pembelajaran baru seseorang.

***
Solo, Kamis, 19 September 2019. 8:53 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko