Kewirausahaan [7] Peran Wirausahawan dalam Ekonomi Bangsa-Bangsa

Alih-alih menciptakan rintangan, mari kita memastikan bahwa kita memampukan dan memberdayakan diri kita sendiri dan orang lain dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi.

Minggu, 16 Juni 2019 | 13:19 WIB
0
231
Kewirausahaan [7] Peran Wirausahawan dalam Ekonomi Bangsa-Bangsa
ilustr: LCIC

Pengantar

Wirausahawan memiliki peran penting dalam membentuk masa depan ekonomi negara-negara. Dengan menciptakan nilai melalui memulai bisnis dan usaha, mereka memastikan bahwa kekayaan negara meningkat.

Demikian pula, dengan mengekspor barang dan jasa, mereka memastikan bahwa ekonomi menghasilkan devisa berharga yang sangat penting bagi negara-negara untuk mengimpor barang dan jasa yang diperlukan. Selain itu, dengan menciptakan lapangan kerja, mereka memastikan bahwa orang-orang di negara-negara dipekerjakan secara menguntungkan.

Selain itu, melalui tujuan sosial dan memperjuangkan upaya baik publik, mereka mewujudkan keberlanjutan, keadilan sosial, dan tanggung jawab lingkungan. Mungkin kontribusi terbesar atau tema yang mendasari semua kontribusi ini adalah kemampuan bawaan mereka untuk berinovasi yang memastikan pembangunan negara dan ekonomi mereka dengan cepat dan efisien.

Seperti yang akan kita bahas di bagian selanjutnya, inovasi adalah pembeda antara keberhasilan dan kegagalan negara dan ekonomi mereka.

Inovasi adalah Kunci Kesuksesan

Untuk memahami peran dan pentingnya inovasi, kita harus mempertimbangkan bagaimana Eropa unggul dari Cina dan India melalui "perbedaan besar" pada masa Revolusi Industri Pertama pada akhir abad ke delapan belas dan sembilan belas. Sebelum ini, Asia adalah pemain ekonomi dominan di dunia.

Namun dengan munculnya Revolusi Industri Pertama, ekonomi Eropa berkembang pesat. Alasan untuk ini adalah semangat kewirausahaan dan penggunaan teknologi inovatif di benua yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan agresif dan dominasi berikutnya yang berlanjut hingga hari ini.

Oleh karena itu, aspek yang menggarisbawahi pentingnya inovasi adalah kontribusi terbesar yang dilakukan pengusaha dalam pembangunan bangsa. Memang, Revolusi Industri Pertama adalah bukti kerja keras individu, inovasi kolektif, dan kebangkitan nasional yang semuanya karena keberanian dan inisiatif luar biasa yang ditampilkan oleh para pengusaha.

Bagaimana Beberapa Bangsa Sejahtera dan yang Lainnya Gagal

Beralih ke hasil dari perang dunia ketika negara-negara harus dibangun kembali dan ekonomi harus dikembangkan, memang benar bahwa melalui kualitas yang sama yang disebutkan di atas, para pengusaha di beberapa negara berhasil memastikan bahwa negara-negara itu keluar dari puing-puing. dan kekacauan menjadi kesuksesan.

Kita berbicara tentang Jerman, Jepang, dan beberapa negara Asia seperti Korea Selatan di mana semangat kewirausahaan di samping dan dengan beberapa bantuan dari pemerintah memastikan bahwa ekonomi ini unggul dibandingkan yang lain seperti Cina dan India.

Memang, jika bukan apa-apa, pemerintah dan negara harus setidaknya tidak menghalangi pengusaha dan menghambat kreativitas dan inovasi mereka jika mereka tidak dapat memungkinkan dan memberdayakan mereka. Seperti yang akan kita bahas di bagian selanjutnya, Cina menyadari aspek ini lebih cepat daripada India yang lagi-lagi menjelaskan perbedaan dalam perkembangan negara-negara ini.

Peran Negara

Seperti disebutkan sebelumnya, pelepasan semangat kewirausahaan dan dinamisme di samping inovasi menuntut peningkatan peran negara di mana negara harus menyediakan infrastruktur atau perangkat keras agar wirausahawan berhasil. Mirip dengan komputer di mana perangkat lunak duduk di atas perangkat keras, pengusaha dapat berhasil dengan membuat perangkat lunak yang diperlukan hanya ketika perangkat keras itu ada.

Baca Juga: Kewirausahaan [6] Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kewirausahaan

Memang merupakan penghargaan bagi pemerintah Cina dan kepemimpinan bahwa meskipun realisasi ini datang terlambat, mereka dapat memulai ekonomi dan memastikan bahwa negara mereka menjadi negara adidaya ekonomi. Adapun India, fakta bahwa ia menyadari bahwa lebih baik terlambat daripada tidak pernah memastikan bahwa energi wirausaha dilepaskan berarti sedang dalam perjalanan untuk keluar dari jurang keterbelakangan dan keterbelakangan.

Wirausahawan Membuat Ekonomi Terus Berjalan

Beberapa ahli dalam beberapa tahun terakhir telah menyatakan bahwa para wirausahawanlah yang menjaga negara-negara tersebut agar tidak runtuh karena faktor sosial dan politik. Bayangkan bagaimana hari biasa dimulai dan memainkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak peduli apa yang akan terjadi pada hari sebelumnya, hal pertama yang kita dapatkan di pagi hari adalah susu dan barang-barang penting selain koran dan barang-barang lainnya yang sangat penting bagi keberadaan sehari-hari.

Yang mengantarkan semua barang ini hujan atau cerah adalah wirausahawan yang jutaan di antaranya berkontribusi dan melumasi tuas kehidupan sehari-hari masyarakat dan membentuk lintasan ekonomi negara.

Memang, fakta bahwa para wirausahawanlah yang menjaga negara agar tidak runtuh menjadi lebih jelas ketika kita mempertimbangkan bagaimana negara-negara seperti India tampaknya bangkit kembali dari krisis dan mundur dari jurang ketika ada peristiwa sosial atau politik yang mengancam jalinan sosial ekonomi. bangsa.

Kesimpulan

Seperti yang dikatakan oleh pendiri ekonomi modern, Adam Smith, insentif ekonomi dari wirausahawanlah yang memastikan kita mendapatkan roti di meja setiap pagi. Dengan kata lain, wirausahawan tidak altruistis ketika ia menjalankan bisnisnya. Sebaliknya, itu adalah keegoisannya dalam menghasilkan keuntungan yang memberikan kontribusi bagi ekonomi negara.

Oleh karena itu, kita harus menyadari fakta bahwa keuntungan bukanlah kata yang buruk dan bahwa setelah semua orang setuju bahwa aspek ekonomi membuat kita terus berjalan, dan kita semua akan mendapat manfaat karena kita akan berpikir secara rasional dan obyektif tentang perlunya menciptakan ekosistem untuk diri kita sendiri dan dengan ekstensi, berkontribusi pada pembangunan ekonomi negara.

Singkatnya, mari kita rayakan semangat kewirausahaan yang mencengangkan dalam diri kita dan orang lain, dan alih-alih menciptakan rintangan, mari kita memastikan bahwa kita memampukan dan memberdayakan diri kita sendiri dan orang lain dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi.

***
Solo, Minggu, 16 Juni 2019. 12.43 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko