E-Marketing [25] Arsitek Strategi E-Marketing

E-Marketing atau E-Commerce strategi karena itu perlu melibatkan partisipasi aktif dan kepemilikan tidak hanya dari manajemen dan pemasaran tetapi juga tim TI teknis juga.

Kamis, 12 Desember 2019 | 19:44 WIB
0
317
E-Marketing [25] Arsitek Strategi E-Marketing
ilustr: Forbes

Berbelanja online telah menjadi pernyataan fashion dengan kebanyakan orang. Baik itu kenyamanan atau tren, ribuan orang belajar untuk membeli produk dan layanan online. Belanja online tidak terbatas pada segmen B ke C saja. B ke B segmen kebetulan lebih besar dari B ke C dan transaksi yang dilakukan bernilai jauh lebih tinggi. Namun perbankan online, asuransi online, pemesanan perjalanan dan pembelian buku, musik, dan CD dan lain-lain adalah layanan yang paling favorit dan sering digunakan oleh orang-orang.

Ketika anda melihat setiap bisnis atau industri vertikal, anda akan menemukan bahwa masa hidup produk semakin pendek, perilaku konsumen berubah, demikian juga organisasi bisnis berubah. Untuk mengikuti perubahan baik di pasar atau teknologi, organisasi melambat mulai memahami dan menerima kenyataan bahwa perubahan adalah satu-satunya solusi permanen.

Seberapa cepat suatu organisasi dapat berubah dan beradaptasi dengan lingkungan baru akan menentukan seberapa baik kinerjanya di pasar. Teknologi adalah arsitektur setiap organisasi bisnis saat ini. Merangkul, berinvestasi dan mengintegrasikan teknologi telah menjadi tak terhindarkan. CTO perusahaan bermitra dengan manajemen dalam memandu masa depan organisasi.

CTO saat ini memiliki tanggung jawab strategis utama dalam organisasi. Mereka dituntut untuk memindai lingkungan, menganalisis tren masa depan, dan melengkapi arsitektur TI organisasi bisnis untuk dapat bertahan dan berkinerja baik di tahun-tahun mendatang. Khususnya dalam kasus E-Business, CTO harus memastikan bahwa arsitektur backend enterprise mampu memberikan kinerja bisnis.

Model E-Commerce menuntut pengiriman bisnis langsung dari pihak organisasi. Ini hanya mungkin ketika bisnis dibangun dan diintegrasikan menggunakan aplikasi ERP. Aplikasi TI yang mendukung model E-Commerce harus diintegrasikan dengan sistem ERP internal serta sistem pihak ketiga yang telah digabungkan bersama untuk memfasilitasi transaksi tanpa batas.

Setiap masalah yang dihadapi oleh pelanggan dalam setiap transaksi online, baik itu disebabkan oleh kegagalan sistem dari perusahaan atau dari penyedia layanan pihak ketiga, dapat mengakibatkan hilangnya kepercayaan pada perusahaan dan mengakibatkan hilangnya bisnis serta risiko dari merusak reputasi seseorang.

Amazon telah berhasil mencetak kesuksesan fenomenal dalam bisnis penjualan online-nya. Mereka telah berhasil menyediakan proses yang mulus untuk pembeli online. Lebih lanjut, pengalaman pembelian dan kepuasan online ditingkatkan dengan menyediakan pengiriman yang cepat dan cepat yang memastikan loyalitas dan retensi pelanggan.

Untuk mendukung modul penjualan online, Amazon telah menyiapkan sistem manajemen dan pemenuhan pesanan yang sama efisiennya dengan infrastruktur fisik dalam hal menyiapkan gudang di lokasi strategis, memegang dan mengelola inventaris, operasi yang cepat dan akurat dalam hal pengambilan dan pengiriman pesanan.

Persediaan gudang terintegrasi dengan aplikasi manajemen pesanan serta transportasi pihak ketiga, penyedia layanan kurir. Jadi dari titik penjualan ke pemrosesan pesanan, inventaris, pengiriman, pelacakan serta pemulihan POD, sistem mendorong proses. Ini belum semuanya; pembayaran online didukung oleh bank pihak ketiga yang menyediakan dukungan transaksi keuangan. Semua ini dan banyak lagi sistem dan arsitektur TI menjadikan model penjualan online Amazon sebagai pelarian yang sukses.

E-Marketing atau E-Commerce strategi karena itu perlu melibatkan partisipasi aktif dan kepemilikan tidak hanya dari manajemen dan pemasaran tetapi juga tim TI  teknis juga. Adalah tim TI yang menjadi arsitek utama merancang dan menerapkan strategi E-Marketing perusahaan.

***
Solo, Kamis, 12 Desember 2019. 7:35 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko