Kewirausahaan [1] Apa itu Kewirausahaan dan Siapa itu Wirausahawan?

Kesamaan dari semua legenda ini adalah bahwa mereka memiliki visi dan rasa misi bahwa mereka akan mengubah dunia dan dengan kerja keras.

Rabu, 5 Juni 2019 | 17:48 WIB
0
681
Kewirausahaan [1] Apa itu Kewirausahaan dan Siapa itu Wirausahawan?
Mark Zuckerber, Larry Page, dan Sergey Brin (Foto: Gawker)

Kita sering mendengarnya sebagai wirausahawan yang memulai bisnisnya sendiri. Ini juga merupakan kasus ketika kita mendengar istilah wirausahawan, kita cenderung mengasosiasikannya dengan seseorang yang telah atau sedang memulai usaha sendiri atau dengan kata lain, memikulnya sendiri.

Ini memang benar terjadi karena definisi formal kewirausahaan adalah proses memulai bisnis atau organisasi untuk keuntungan atau untuk kebutuhan sosial. Kami telah menggunakan ungkapan untuk keuntungan atau untuk kebutuhan sosial untuk menggambarkan dan memisahkan kewirausahaan komersial dari kewirausahaan sosial dan amal. Setelah mendefinisikan kewirausahaan, sekarang saatnya untuk mendefinisikan siapa itu wirausahawan dan apa yang dia lakukan.

Wirausahawan adalah seseorang yang mengembangkan model bisnis, memperoleh modal fisik dan manusia yang diperlukan untuk memulai usaha baru, dan mengoperasionalkannya dan bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalannya.

Perhatikan penekanan frasa yang bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan karena wirausahawan berbeda dari manajer profesional dalam arti bahwa sebelumnya menginvestasikan sumber dayanya sendiri atau mengumpulkan modal dari sumber eksternal dan dengan demikian menyalahkan kesalahan serta kegagalannya.

Menuai imbalan jika sukses, sedangkan manajer profesional atau profesional melakukan pekerjaan dan pekerjaan yang ditugaskan kepadanya untuk pertimbangan keuangan. Dengan kata lain, wirausahawan adalah pengambil risiko dan inovator selain menjadi pencipta perusahaan baru sedangkan manajer profesional hanyalah pelaksana.

Atribut Wirausahawan

Beralih ke keterampilan dan kemampuan yang perlu dimiliki seorang wirausahawan, pertama dan terutama, dia harus menjadi inovator yang memiliki gagasan mengubah permainan atau konsep yang berpotensi baru yang dapat berhasil di pasar yang ramai.

Perhatikan bahwa investor biasanya cenderung berinvestasi dalam ide dan konsep yang mereka rasa akan menghasilkan pengembalian yang memadai untuk modal dan investasi mereka dan karenanya, pengusaha perlu memiliki ide yang benar-benar inovatif untuk usaha baru.

Kualitas Kepemimpinan
 
Terlepas dari ini, wirausahawan perlu memiliki keterampilan organisasi dan manajemen orang yang unggul karena dia harus membangun organisasi atau usaha dari awal dan harus menjalin ikatan dengan karyawannya serta bergaul baik dengan pemangku kepentingan lain untuk memastikan keberhasilan dari usaha itu.
 
Lebih lanjut, wirausahawan perlu menjadi pemimpin yang dapat menginspirasi karyawannya serta menjadi visioner dan seseorang dengan rasa misi karena penting bahwa wirausahawan memotivasi dan menggerakkan usaha. Ini berarti bahwa kepemimpinan, nilai-nilai, keterampilan membangun tim, dan kemampuan manajerial adalah keterampilan dan atribut utama yang perlu dimiliki seorang wirausahawan.
 
Penghancuran Kreatif dan Kewirausahaan
 
Kita sering mendengar istilah penghancuran kreatif yang dibicarakan ketika berbicara tentang bagaimana beberapa perusahaan memudar sementara yang lain berhasil serta mempertahankan posisi kepemimpinan mereka di pasar.

Penghancuran kreatif mengacu pada penggantian produk dan perusahaan yang lebih rendah dengan produk-produk yang lebih efisien, inovatif, dan kreatif di mana ekosistem berbasis pasar kapitalis memastikan bahwa hanya yang terbaik dan paling cemerlang yang dapat bertahan hidup sementara yang lain terpesona oleh angin kehancuran kreatif.
 
Dengan kata lain, wirausahawan dengan ide permainan berubah dan keterampilan dan atribut yang diperlukan untuk berhasil memastikan bahwa produk, merek, dan usaha mereka mengambil pangsa pasar dari perusahaan yang sudah ada yang tidak menciptakan nilai atau hanya tidak efisien dan terjebak dalam waktu warp di mana mereka tidak dapat melihat tulisan di dinding.

Oleh karena itu, proses menghancurkan yang lama dan tidak efisien melalui ide-ide baru dan kreatif disebut sebagai penghancuran kreatif yang sering kali dilakukan pengusaha ketika meluncurkan usaha baru.

Pengusaha adalah Pengambil Risiko
 
Kita telah membahas apa itu kewirausahaan dan keterampilan serta atribut yang dibutuhkan oleh wirausahawan beserta bagaimana mereka terlibat dalam kehancuran kreatif. Ini tidak berarti bahwa semua wirausahawan sukses karena kenyataan bahwa mereka dapat menjadi korban kehancuran kreatif dan juga karena kurangnya sifat lain berarti bahwa mayoritas usaha baru tidak bertahan melewati tanda satu tahun keberadaan mereka.
 
Sekarang, ketika usaha gagal, pertanyaan yang jelas adalah siapa yang
bertanggung jawab atas kegagalan dan uang siapa yang hilang. Jawabannya adalah bahwa wirausahawan menaruh uangnya sendiri atau mendapatkan modal dari investor malaikat dan pemodal ventura yang berarti jika usaha naik turun, pengusaha dan investor kehilangan uang.
 
Perhatikan bahwa seperti yang disebutkan sebelumnya, karyawan dan manajer profesional kehilangan pekerjaan mereka dan kecuali mereka adalah mitra dalam usaha, uang mereka tidak dipertaruhkan. Oleh karena itu, ini berarti bahwa wirausahawan adalah pengambil risiko dalam usaha yang berarti keberhasilan atau kegagalan perusahaan tercermin pada kewirausahaan.
 
Beberapa Wirausahawan Terkenal
 
Mengingat pengantar dasar kewirausahaan ini, kita sekarang dapat beralih ke beberapa contoh pengusaha terkenal yang telah berhasil meskipun menghadapi banyak kesulitan karena mereka memiliki gagasan yang mengubah permainan dan yang lebih penting, mereka juga memiliki sifat dan keterampilan yang diperlukan yang akan menjadikan mereka legendaris.

Sebagai contoh, baik pendiri Microsoft, Bill Gates, dan almarhum Steve Jobs, pendiri Apple, adalah siswa yang putus sekolah walaupun keberhasilan akhirnya berarti bahwa mereka tidak hanya memiliki ide-ide yang benar-benar inovatif, tetapi mereka juga siap untuk melakukannya, jangka panjang dan bertahan ketika keadaan menjadi sulit.
 
Bahkan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, serta Google Larry Page dan Sergey Brin dapat dianggap sebagai pengusaha yang benar-benar revolusioner. Kesamaan dari semua legenda ini adalah bahwa mereka memiliki visi dan rasa misi bahwa mereka akan mengubah dunia dan dengan kerja keras, ketekunan, dan ekosistem pemeliharaan, mereka mampu mengaktualisasikan diri mereka sendiri.

Kewirausahaan Membutuhkan Ekosistem Pengasuhan

Akhirnya, perhatikan penggunaan istilah ekosistem pengasuhan. Ini berarti bahwa seperti halnya wirausahawan tidak dapat berhasil jika mereka tidak memiliki atribut yang diperlukan, mereka tidak dapat berhasil walaupun memiliki mereka tetapi hidup di lingkungan atau negara yang tidak mendorong risiko atau mentolerir kegagalan dan yang lebih penting, tidak dapat memberi mereka moneter dan modal manusia yang dibutuhkan untuk sukses.

Ini berarti bahwa Amerika Serikat tetap menjadi negara terkemuka untuk kewirausahaan karena memiliki ekosistem yang diperlukan agar wirausahawan ini berhasil, sedangkan di banyak negara, seringkali tidak mungkin atau sulit untuk menemukan pendanaan, bekerja melalui birokrasi, dan memastikan bahwa faktor lingkungan tidak menghambat kewirausahaan.
 
***
Solo, Rabu, 5 Juni 2019. 5:28 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko