Serangan terhadap Neno Warisman dan Ratna Sarumpaet

Rabu, 4 Juli 2018 | 01:31 WIB
0
92
Serangan terhadap Neno Warisman dan Ratna Sarumpaet

Sedih.

Tadi malam membaca tulisan seseorang yang menyerang kehidupan pribadi Neno Warisman dan Ratna Sarumpaet. Menghina mereka dengan cara yang relatif sangat kasar, direndahkan sedemikian rupa hanya dikarenakan perbedaan preferensi politik.

Bukannya marah dan memunculkan hasrat untuk membalasnya, yang ada saya malah bersedih hati dan introspeksi. Menanyakan diri sendiri apa pernah saya begitu.

Kalau memang iya, sudah sepantasnya saya meminta maaf, menyesalinya dan tidak akan melakukannya lagi.

Setidak-tidaknya, jangan sampai menyerang kehidupan pribadi orang-orang yang pandangan politiknya berbeda denganku, khususnya terkait Jokowi-Prabowo, dan apalagi menyerang mereka tanpa basis argumentasi yang kuat, yang jelas, yang hanya berdasarkan nafsu amarah kebencian semata.

[caption id="attachment_17996" align="alignleft" width="515"] Neno Warisman (Foto: Metrotvnews.com)[/caption]

Udah jamak terjadi saling merendahkan, saling mencaci, saling menghina di antara sesama kita rakyat Indonesia. Kita yang sama-sama mengaku cinta NKRI ini. Hal yang seringkali kita temukan di medsos, terutama pra dan paska Pilpres 2014.

Sampai kapan kita begini? Kapan berakhirnya sikon politik nasional yang sifatnya destruktif ini? Dimulai darimana dan bagaimana membalikkan sikon yang sangat menyedihkan ini?

Sekarang saya benar-benar merindukan sosok-sosok tokoh nasional yang memiliki jiwa kenegarawanan yang sejati, sosok-sosok yang benar-benar tidak terpengaruh oleh suka tak suka dengan kedua sosok itu, sosok-sosok yang mengutamakan kemajuan dan perkembangan Indonesia ke arah yang lebih baik sesuai dengan kesepakan perjanjian yang kita tuliskan dalam UUD 45 dan Pancasila.

Ah ya benar, baiknya mari kita mulai dari diri sendiri, dari sekarang juga.

***