Kampus Mana Saja yang Terpapar Radikalisme?

Sabtu, 9 Juni 2018 | 16:38 WIB
0
87
Kampus Mana Saja yang Terpapar Radikalisme?

Semua kampus-kampus ternama atau kampus-kampus papan atas Indonesia terkena, terjangkit atau terindikasi radikalisme. Apa artinya? Banyak. Paling tidak ada 10 penjelasan.

1. Radikalisme tidak ada hubungannya dengan agama.

2. Radikalisme bukan lagi kelompok tertentu.

3. Radikalisme hubungannya dengan kekecewaan pada situasi sosial, politik, negara dan bangsa Indonesia secara masif.

4. Radikalisme hubungannya situasi sosial politik yang tidak kondusif.

5. Radikalisme hubungannya dengan kegagalan penyelenggaraan negara.

6. Radikalisme hubungannya dengan kegagalan penyelenggaraan pendidikan tinggi.

7. Radikalisme hubungannya dengan terhambatnya atau tertutupnya saluran-saluran aspirasi politik mahasiswa.

8. Radikalisme itu persoalan kompleks, gabungan dan akumulasi dari persoalan-persoalan individu, keluarga, masyarakat, ekonomi, sosial politik, pendidikan dan penyelenggaraan negara. Sebagiannya, mencari solusi ke agama tapi agamanya sendiri bukan sumber dan masalah.

9. Radikalisme adalah produksi psiko-sosial politik akibat kesalahan kita-kita kita sendiri dalam membangun masyarakat dan negara.

10. Radikalisme tidak akan hilang dengan membuat UU, mengetatkan hukum dan meningkatkan sangsi karena sumbernya adalah ketaksadaran kita-kita sendiri.

Menganggap radikalisme adalah paham agama tertentu, paham kolompok Islam, sumbernya adalah pemahaman agama yang sempit, karena ideologi agama dll, semuanya adalah simplifikasi alias penyederhanaan masalah alias cara berpikir sederhana alias awam. Kalaupun berbaju atau berbungkus agama, itu hanya pelarian dan saluran.

***