Melihat Berbagai Sisi Peristiwa Intimidasi kepada Ibu yang Membawa Anak

Minggu, 29 April 2018 | 22:28 WIB
0
1018
Melihat Berbagai Sisi Peristiwa Intimidasi kepada Ibu yang Membawa Anak

Barusan melihat video seorang ibu yang mengenakan kaos bertuliskan hashtag #DiaSibukKerja diintimidasi sekelompok kecil orang yang mengenakan kaos bertuliskan hashtag #2019GantiPresiden. Peristiwa tersebut terjadi di CFD tadi siang, Ahad 29 April 2019 di Bundaran HI.

Naasnya, ibu tersebut sedang membawa anaknya yang mungkin berusia antara 12-15 tahun, hingga anak itu ketakutan dan menangis.

Peristiwa ini bisa dilihat dari berbagai sisi atau sudut pandang.

[embed]https://youtu.be/iyG7z_GAsWM[/embed]

Dari sisi sosial budaya (kemanusiaan), sudah sepatutnya sekelompok kecil orang itu wajib dikecam. Jika memang mau fair, ibu tersebut juga patut dikecam (sengaja tidak saya jabarkan, sesama orang dewasa, telah berkeluarga dan punya anak, saya yak ini bisa memahami yang saya maksudkan).

Dari sisi politik, peristiwa ini akan semakin heboh atau sengaja dihebohkan (dimanfaatkan) untuk menaikkan satu pihak dan menjatuhkan pihak lainnya. Kemungkinan peristiwa ini memang disengaja, juga tidak dapat diabaikan begitu saja.

Dari sisi hukum dan atau keamanan sipil, peristiwa ini wajib menjadi perhatian khusus bagi pihak penegak hukum dan penjaga keamanan negara.

Gesekan antarkedua pihak sudah terbukti semakin memanas, menjelang empat bulan lagi pendaftaran capres dan cawapres.

Dalam hal ini, sifat netral dan adil pihak penegak hukum dan keamanan sungguh sangat penting sekali.

***