Begini Makna di Balik Ekspresi Tenang Jennifer Dunn

Jumat, 5 Januari 2018 | 11:33 WIB
0
458
Begini Makna di Balik Ekspresi Tenang Jennifer Dunn

Penutupan tahun lalu, semua orang bersuka cita menyambut pergantian tahun 2018. Beda dengan Jennifer Dunn, Ia malah ditangkap di hari terakhir 2017.

Penangkapan dirinya tak jauh dari kasus narkoba yang kembali menjerat dirinya. Ia ditangkap dengan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 0,6 gram di rumahnya Ahad sore, 31 Januari 2017, pukul 17.30 WIB, di kediamannya di Jalan Bangka XI C Nomor 29, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Jedun, begitu sapaan akrabnya oleh Media, sudah tercyduk polisi atas kasus narkoba hingga tiga kali.

Wanita berusia 28 tahun itu pertama kali terjerat kasus penggunaan narkotika pada tahun 2005 atas kepemilikan ganja. Waktu itu bahkan Ia masih remaja tapi sudah mengenal barang haram ini.

Empat tahun setelahnya, Polisi kembali menangkap Jennifer Dunn pada 2009 dengan barang bukti sabu dan tujuh butir pil ekstasi di kamar kosnya di kawasan Jakarta Selatan.

Namun, ekspresi Jedun ketika dihadirkan di hadapan awak media di Kepolisian Daerah Metro Jaya, Selasa, 2 Januari 2017 lalu menjadi sedikit kontroversi bagi publik. Sebab, Jedun terus saja mengumbar senyum dan gelak tawa serta ekspresi yang begitu santai padahal tengah dirundung masalah.

Berikut ekspresi wajah Jedun seperti yang dilaporkan Brilio.net.

1. Jedun sudah terlihat senyum dan melambai ke rekan media saat berjalan menuju lokasi konferensi pers.

2. Ketika polisi menjelaskan berbagai hal terkait kasus narkoba yang mnejeratnya di depan rekan media, Jedun tampak serius mendengarkan penjelasan pihak kepolisian.

3. Katanya Jedun menyesal atas perbuatannya.

4. Jedun yang mengenakan pakaian oranye dan rambut dicepol, tak ada raut wajah sedih atau menyesal dari wajah Jedun.

5. Jedun menyampaikan permintaan maaf kepada keluarganya dengan senyum yang mengembang di bibirnya di tengah konferensi pers.

Ekspresi Jennifer yang sering senyum di hadapan publik memang dinilai tidak wajar seperti yang dituturkan oleh Menurut psikolog dari Universitas Indonesia, Rose Mini Adi Prianto, seperti laporan Tempo.co.

Setidaknya ada dua makna dari ekspresi tenang dan santai Jedun. Pertama memang Jennifer yang seakan tidak menggambarkan penyesalan disebabkan dia sudah beberapa kali terjerat kasus yang sama. Sehingga Ia merasa akan bisa melewatinya seperti penangkapan-penangkapan sebelumnya.

Selain pernah terjerat kasus narkoba, perempuan berusia 28 tahun ini sempat terlibat kasus pencucian uang hasil korupsi adik Ratu Atut, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Jennifer sempat dipanggil KPK untuk menjalani pemeriksaan.

Jedun juga mengakui telah diberi Wawan sebuah kartu kredit dengan limit maksimum Rp 50 juta per bulan sejak September 2013. Ia juga menerima sebuah mobil Toyota Vellfire putih.

Arti kedua, bisa juga Jennifer merasa pasrah sebab dari sisi sosial sudah bermasalah termasuk ketika dicap sebagai perebut suami orang. Sebab beberapa waktu lalu Jedun juga menjadi perbincangan warganet setelah anak dari Faisal Harris, pengusaha yang katanya sih sudah menikah siri dengan Jedun.

Masih kata psikolog Rommy, ekspresi yang digambarkan Jennifer disebut sebab nalarnya sudah tidak berjalan secara sehat. Emosi dan ekspresi manusia sangat dipengaruhi dan dikontrol oleh nalar. Tapi katanya sih emang begitu, setiap pengguna narkoba, bisa bertindak apa saja untuk memenuhi kebutuhannya. "Jadi, norma sosial juga sudah tidak dianggap lagi," kata Rommy.

Karena memang sudah pernah mengalami berbagai masalah dan kasus sebelumnya, sehingga membuat Jedun bisa terlihat lebih santai dan tenang.

Nah, masih dari media daring yang sama, ternyata artis blasteran ini punya alasan sendiri akan sikapnya itu. Terlihat dalam postingan di akun Twitter @jejedunn, Ia mendeskripsikan sikapnya itu. Ia menulis begini, "Enjoy your life no metter how hard it may seem, when life gives you a thousand reasons to cry, show the world you have a million reasons to smile!!!" ucapnya.

Atau dalam bahasa Indonesianya begini, "Nikmatilah hidupmu tak peduli seberapa pun beratnya. Ketika hidup memberimu sejuta alasan untuk menangis, tunjukkan kepada dunia bahwa kamu punya jutaan alasan untuk tersenyum!!!"

Jennifer Dunn juga mengunggah cuitan soal kekuatan senyum. "Sebaik-baiknya kesabaran adalah saat engkau memilih diam, padahal emosimu sedang meronta ingin didengarkan," cuitnya dalam akun @jejedunn pada 18 November lalu.

"Dan sebaik-baiknya kekuatan adalah ketika engkau memilih tersenyum, padahal ada air mata yang sejak tadi tak mau dibendung."

Berbagai cuitan di dunia maya itu seolah menjelaskan bahwa Ia tak mau orang lain tau kesedihan dan masalah yang dirinya tengah hadapi. Tapi ya gak senyum juga kali, ya. Kan masyarakat jadi nafsirnya beda, keliatan seperti gak merasa bersalah apalagi menyesal gitu.

Saking hebatnya berekspresi, Faisal Harris yang katanya sudah menikah siri dengan Jedun saja tidak tau jika Jedun mengkonsumsi narkoba. Alasannya karena ekspresi Jedun yang bisa menutupi banget. Namanya juga artis, wajar lah ya bisa mengatur ekspresi.

Tapi, kok bisa gak tau istri atau kekasihnya mengkonsumsi narkoba? Kan sebelum-sebelumnya pernah terciduk juga.

Namun, hingga saat ini Polisi belum memutuskan rencana untuk merehabilitasi Jennifer. "Belum mengarah ke rehabilitasi," ujar juru bicara Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono di kantor Polda Metro Jaya.

Penyidik juga masih memeriksa Jedun sehingga belum dilakukan penahanan di Rumah Tahanan Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya hingga saat ini.

***