BTS dalam Pilpres

Kamis, 16 Agustus 2018 | 09:42 WIB
0
571
BTS dalam Pilpres

Sudah pernah dengar boys band BTS? Singkatan dari Bangtan Boys, grup band asal Korea. Konon, menurut Sportify, penggemar terbanyak grup band ini ada di Indonesia.

Kalau penasaran, cari saja videonya di Youtube. Tujuh pria muda bernyanyi sambil ngedance. Beat-nya unik, koreografinya enegik. Penampilannya cantik.

Saya katakan cantik karena memang dasarnya orang Korea berkulit putih, setiap tampil—meskipun laki-laki—sepertinya mereka memakai lipstick dan lipgloss tentu saja. Wajahnya mulus. Tak ada yang berkumis apalagi bercambang.

Rupanya penampilan seperti itulah yang sedang mencuri perhatian anak-anak muda, millenials, yang akan menjadi pemilih pemula dalam Pilpres 2019. Mungkin dengan penuh kesadaran, atau mungkin memang pembawaan asli Cawapres Sandiaga Uno, ia mengenakan lipgloss, gelendotan, bahkan memeluk partner kerja yang sesama pria.

Foto-foto yang beredar itu disertai dengan kalimat-kalimat miring. Ulala... Makin BTS gayanya, makin tebal stempel Ulala...

Barangkali ada yang lupa. Sandi representasi anak muda yang hidup serba mudah. Mewakili selera generasi BTS. Apa mereka tidak dianggap sebagai lapisan penyumbang suara?

Tidak mungkin KH Ma’ruf Amin diajak senam kesegaran jasmani. Apalagi gelendotan sambil ulala... Hanya saja, bullying terhadap Sandi bisa berdampak positif bagi elektabilitasnya. Apalagi ia menanggapi santai pada bully yang ditujukan pada dirinya.

Jadi mengapa tidak terus mempopulerkan kelebihan calon sendiri dibanding membully lawan?

Mau menang Pilpres atau memenangkan kepuasan menghina orang?

Ulalaaaa...

***