Si Doel the Movie, Jebakan Sarah untuk Bilang, "Ceraikan Aku, Doel"

Rabu, 8 Agustus 2018 | 06:10 WIB
0
1766
Si Doel the Movie, Jebakan Sarah untuk Bilang, "Ceraikan Aku, Doel"

Doel (diperankan aktor yang mantan gubernur Rano Karno) itu tokoh yang menyebalkan. Ia sosok lelaki yang merasa dirinya ganteng selangit, peragu, banyak pertimbangan, dingin, sulit mengakui kesalahan, dan bisa dibilang "tak bertanggungjawab".

Tapi anehnya dua perempuan, Sarah (Cornelia Agatha) dan Zaenab (Maudy Koesnaedi), mau saja bersaing menjadi istri Doel dan menerima dengan tangan terbuka dan hati yang lapang dalam relasi yang rumit dan membelit.

Sarah adalah istri sah yang dinikahi Doel tapi pergi meninggalkan Doel ke Belanda dalam keadaan hamil karena tak bisa menerima melihat adegan Doel membantu Zaenab saat keguguran (entah siapa yang menghamilinya). Zaenab kemudian menjadi bini siri Doel yang berstatus masih menjadi suami resmi Sarah.

Maka diperlukan sebuah "jebakan betmen" (istilah populer menjebak tak berkutik) untuk memerangkap Doel. Meski ongkosnya sangat mahal: setting di Belanda.

[irp posts="2502" name="Kenapa Si Doel lebih memilih Sarah dibanding Zainab?"]

Adalah Hans (Adam Jagwani) - dalam cerita masih sepupuan dengan Sarah - yang mengundang Doel datang ke Amsterdam untuk persiapan acara budaya tahunan Tong Tong Fair yang biasa dibuat di Ibukota Den Haag. Selama berada di Belanda sana Doel ditemani encangnya yang koplak, Mandra.

Hans memberi pekerjaan Doel dengan memesan beberapa barang kebutuhan terkait acara tersebut. Setelah lulus kuliah dan bergelar "tukang insinyur" sehari-hari Doel, memang, masih kerja serabutan sebagai teknisi listrik. Penghasilannya tak menentu. Doel berterima kasih pada Hans karena mengundang ke Belanda dan memberinya "side job" sebagai pemasok barang-barang untuk acara Tong Tong Fair.

Tapi, rupanya, Hans dan Sarah bersekongkol. Mereka menjebak Doel untuk melihat anak hasil buah cintanya dengan Sarah - yang sejak dalam kandungan sampai berusia lima belas tahun - tak pernah tahu siapa bapaknya.

Anak yang nama panggilannya juga Doel - dari nama asli Abdullah (diperankan aktor remaja Muhammad Fahreza Anugerah alias Rey Bong).

Sebelum kembali ke Jakarta setelah tinggal selama sepekan di Amsterdam, di halaman Bandara Schipol, Sarah memberikan amplop berwarna cokelat berisi dokumen-dokumen penting yang harus dibaca Doel sesampainya di rumah nanti. Sarah memeluk erat tubuh Doel dan mengucapkan kata perpisahan, "Ceraikan aku, Doel...."

Sebuah kalimat tajam bagai pedang yang menancap di ulu hati. Doel pun "mati berdiri". Diam seribu bahasa. Sementara Sarah dan Doel Junior pergi meninggalkannya.

Sepertinya cerita Si Doel di layar lebar masih akan meneruskan kisah tragedi yang menguras air mata para penontonnya, terutama bagi Tim Pendukung Sarah dan Tim Pendukung Zaenab.

***