Saya Berharap Inflasi Diturunkan Lagi Hingga Menyentuh 1-2 Persen

Sabtu, 28 Juli 2018 | 06:55 WIB
0
474
Saya Berharap Inflasi Diturunkan Lagi Hingga Menyentuh 1-2 Persen

Tiga tahun terakhir tingkat inflasi di tingkat pusat dan daerah selalu di bawah empat persen: 3,35 persen pada 2015, 3,02 persen pada 2016, dan 3,61 persen pada 2017. Ini bisa terjadi berkat sinergi yang baik antara Tim Pengendali Inflasi pusat dan daerah.

Kendati begitu, di hadapan ratusan kepala daerah dan perwakilan Bank Indonesia dari berbagai wilayah di Indonesia yang menghadiri Rakornas Pengendalian Inflasi tahun 2018 di Jakarta, kemarin, saya tetap berharap inflasi bisa diturunkan lagi hingga menyentuh angka antara 1-2 persen.

Kepala daerah harus lebih proaktif berupaya menekan inflasi yang terjadi di daerahnya. Contoh, bila inflasi terjadi karena kekurangan pasokan, maka kepala daerah itu harus langsung mengupayakan kelancaran pasokan dengan cara bekerja sama dengan daerah lainnya yang mengalami surplus.

Inilah yang disebut perdagangan antardaerah. Tahu berasnya kurang, langsung cek provinsi mana yang surplus.

Pengecekan berkala jumlah stok pangan yang tersedia dan berkoordinasi dengan daerah sekitar itu harus dilakukan para kepala daerah untuk menekan angka inflasi. Dengan begitu, rakyat dapat menikmati harga yang terkendali.

***