6 Partai Diprediksi Lolos Ke DPR; PKS, PAN, Nasdem "Out"

Jumat, 20 Juli 2018 | 11:16 WIB
0
565
6 Partai Diprediksi Lolos Ke DPR; PKS, PAN, Nasdem "Out"

Persaingan antarpartai politik akan semakin berat lantaran jumlah partai peserta pemilu juga meningkat menjadi 16. Terlebih lagi dengan tingginya ambang batas (Parliamentary Threshold) 4% pada Pemilu 2019, maka diprediksi akan semakin sedikit partai yang bisa masuk ke Senayan.

Pada Pemilu 2009 lalu, angka ambang batas parlemen sebesar 2,5% dan diikuti oleh 9 parpol. Sementara Pemilu 2014, angka ambang batas naik menjadi 3,5% dan diikuti 10 parpol. Kalau melihat dari 2 Pemilu yang lalu, maka kemungkinan besar Pemilu 2019 tidak jauh berubah, karena ambang batas naik menjadi 4%, dan itu dinilai cukup tinggi.

Diperkirakan hanya enam partai yang bakal masuk ke parlemen. Ini berdasarkan prediksi dan hasil survey Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 6 Partai tersebut yang mendapatkan elektabilitas di atas 4% ambang batas parlemen (parliamentary threshold).

Jangankan Partai baru, Partai lamapun banyak yang tidak lolos ke senayan.

Banyak faktor yang menentukan elektabilitas Partai Politik, tapi yang Paling utama adalah tingkat kepercayaannya masyarakat. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sebuah Partai lebih kepada kredibilitasnya sebuah Partai. Anehnya meskipun sebuah parpol tergolong korup, namun elektabilitasnya tetap tinggi.

PDI Perjuangan yang dianggap Partai terkorup, merupakan partai dengan elektabilitas tertinggi sebesar 24,1%. Begitu Juga Partai Golkar menempati posisi kedua dengan elektabilitas 10,2%. Urutan ketiga dimiliki Partai Gerindra sebesar 9,1%. Tiga Partai ini memang tergolong menonjol dikancah perpolitikan Indonesia.

Tiga partai berikutnya yang diprediksi berpeluang masuk parlemen adalah PKB, PPP, dan Partai Demokrat. PKB memperoleh elektabilitas 6,0 persen, PPP 4,9 persen, dan Partai Demokrat 4,4 persen. Kalau melihat dari hasil prediksi ini maka ada beberapa Partai yang merupakan bagian dari Koalisi Jokowi yang tidak lolos ke senayan, yakni Nasdem dan Hanura.

Di luar Partai koalisi Jokowi, PKS dan PAN diprediksi tidak lolos ke senayan.

Elektabilitas PKS masih terpaut tipis dengan ambang batas di 3,7%. PAN cukup jauh di 2,3%, NasDem 2,1% dan Hanura 1,2%. Masih ada peluang bagi Partai tersebut untuk meningkatkan elektabilitas menjelang Pemilu 2019.

Berdasarkan hasil survey tersebut, masih ada 26,1% yang belum memutuskan atau tidak jawab, dan 2 persen tidak memilih atau golput.

PBB adalah satu di antara partai lama dengan elektabilitas dibawah 1%, yakni 0,7%, kecil sekali kemungkinannya untuk lolos masuk ke DPR. Partai baru tidak ada yang berpeluang untuk masuk DPR. Partai Perindo tertinggi dengan elektabilitas 2,6%, Partai Garuda 0,2% PSI 0,2%, Partai Berkarya 0,2.

***