Fahri Hamzah dan Bukunya yang Paling Tajam dan Bermutu

Selasa, 17 Juli 2018 | 12:50 WIB
0
725
Fahri Hamzah dan Bukunya yang Paling Tajam dan Bermutu

Bila membaca buku Fahri Hamzah "Negara, Pasar dan Rakyat" harus diakui inilah buku yang paling bermutu yang dihasilkan oleh Politisi Indonesia di jaman SBY dan Jokowi. Disini Fahri mengorelasikan seluruh aspek variabel politik dalam tesis yang tajam.

Tapi sayang, Fahri gagal dalam melakukan strategi komunikasi politik, ia terjebak pada permainan rendahan komunikasi politik, ia terjebak pada alam pembelahan politik dan bermain di dalamnya.

Pandangan publik hanya mempersepsikan dirinya pada gelombang diskusi publik rendahan. Publik gagal melihat kecermatan Fahri dalam melihat arus besar politik yang secara jeli ia alirkan dalam narasi di bukunya itu.

Banyak pemikiran Fahri Hamzah yang sebenarnya relevan dalam penyakit-penyakit politik sekarang yang kemudian akan dirasakan pada periode kedua Pemerintahan Jokowi, seperti mulai berkumpulnya kekuatan kekuatan politik dengan menggunakan manipulasi hukum dalam menghantam lawan politik dan menjadikan politik sebagai saling sandera.

Bila politik "Saling Sandera, Blackmail dan Politik Hantam Manipulasi Hukum" awalnya hanya berkeliaran di tingkat elite, sekarang bahkan sampai pada tingkat Kabupaten.

Politik ini yang akan mewarnai jalannya pertarungan pada politik sekarang dan masa depan yang bila tidak ada ketegasan politik maka akan ada kelompok yang bisa menguasai elemen hukum dan menguasai kekuasaan dengan tindakan manipulatif.

***