Sketsa

Kroasia, Kuda Hitam yang Siap Tempur Melawan Raksasa Perancis

Kroasia vs Perancis (Foto: Tribunnews.com)
Kroasia vs Perancis (Foto: Tribunnews.com)
Tim Ayam Jago Perancis yang berpengalaman diunggulkan saat menghadapi Kroasia yang baru pertama kali masuk final. Tetapi, Kroasia punya spirit yang tinggi.

Laga antara Perancis dan Kroasia akan segera dihelat pada hari Minggu, 15 Juli 2018. Perancis tim bertabur bintang yang sudah cukup perkasa dari semenjak babak penyisihan hingga final akan menghadapi Kroasia yang notabene Tim Kuda Hitam yang secara mengejutkan dapat tembus ke babak final Piala Dunia 2018.

Piala Dunia 2018 akan segera berakhir pada hari Minggu nanti, mungkin Piala Dunia tahun ini bisa dibilang sebagai Piala Dunia yang sangat kompetitif di mana tim tim besar yang pasti sangat diunggulkan bisa berguguran satu persatu oleh tim yang notabene tidak terlalu difavoritkan untuk juara.

Piala Dunia yang diselenggarakan di Rusia ini sangat menarik untuk ditonton, bukan hanya karena Rusia sebagai tuan rumah namun ini adalah momen 4 tahun sekali yang memperebutkan gelar Piala Dunia yang cukup bergengsi. Ada yang menarik pada perhelatan Piala Dunia tahun ini dimana tim tim besar satu persatu gugur.

Kita mulai dari Jerman, Tim Panser ini sangat diunggulkan untuk bisa uara lagi Piala Dunia dengan tim yang sangat solid, kuat, dan bertabur bintang. Namun naas tak sampai babak 16 besar Jerman harus pulang.

Kedua, Portugal tim yang diperkuat oleh Cristiano Ronaldo ini tidak bisa melaju ke babak perdelapan final takluk oleh Uruguay. Selanjutnya ada Spanyol, tim yang tiap tahun selalu beregenerasi dengan pemain muda yang tangguh dikejutkan oleh kekuatan Rusia yang sanggup bertanding hingga perdelapan final. Hingga akhirnya hanya ada dua tim tersisa Perancis dan Kroasia.

Perancis bukanlah tim medioker saat ini, setelah bongkar gonta ganti pemain beberapa tahun belakang pada saat ini Perancis memiliki tim yang sangat kuat. Mengapa halnya bisa dibilang kuat? Jika kita lihat squad Perancis ini bertabur pemain bintang salah satunya Huga Lloris kiper yang sekaligus kapten tim Perancis yang memiliki jam terbang yang tinggi.

Baca Juga:  Stephen Hawking, "Professor University of Life"

Selanjutnya ada N’golo Kante yang digadang gadang sebagai “senjata rahasia” Perancis ini, lalu ada Raphael Varane bek asal Real Madrid yang tak perlu lagi kita pertanyakan lagi keahlian menahan lawannya, lalu Paul Pogba, pemain bintang asal Manchester United ini sedang naik daun dengan gaya rambutnya yang selalu nyentrik dan tak lupa skill yang mumpuni dengan umur yang masih muda.

Selanjutnya ke depan Perancis memiliki Antoine Griezmann striker asal Atletico Madrid ini sangat tajam di klubnya pun di tim Perancis. Lalu ada Olivier Giroud striker asal Chelsea yag asalnya bersinar di Arsenal cukup bisa mengkoyak gawang lawan, dan terakhir Wonder Kid Kylian Mbappe super star asal PSG ini yang masih sangat sangat muda sudah menjadi buah bibir akan performanya di klub dan pada saat Piala Dunia pun menjadi sorotan utama.

Berbeda dengan Kroasia, tim yang mungkin bisa dibilang sering terseok seok pada ajang empat tahunan ini, pencapaian terbaik mereka pun hanya bisa sampai juara ketiga pada tahun 1998 saat Perancis menjadi tuan rumah sekaligus menjadi juara pada tahun itu.

Berbeda dengan Perancis yang sudah sangat baik jika dilihat dari squad Kroasia bisa dibilang hanya memiliki beberapa pemain bintang yang sekaligus menjadi pemain kunci kedigdayaan Kroasia pada tahun ini.

Pertama Kroasia memiliki Luca Modric, pemain yang sekarang digadang-gadang sebagai midfielder terbaik dunia saat ini menjadi pemain kunci dan pemain inti yang dapat menentukan permainan Kroasia. Selanjutnya ada Mario Mandzukic striker haus gol yang harus Perancis jaga pada saat lagan anti. Juga ada Ivan Rakitic pemain asal Barcelona yang berposisi sebagai sama seperti Modric midfielder yang cukup banyak memberi andil di tim Kroasia ini.

Baca Juga:  Yenny Wahid Mengaku Masih “Jomblo Politik”

Tiga trisula tersbut yang menjadi pemain kunci Kroasia saat ini.

Di atas kertas, Perancis mungkin sangat diunggulkan untuk bisa mengulang sejarah lagi untuk bisa menjuarai Piala Dunia (lagi) dengan tim yang secara statistik sangat diunggulkan.

Namun, Kroasia pun patut diwaspadai dan jangan di anggap sebelah mata. Ini merupakan pertama kalinya Kroasia mencapai laga Final dan pasti ada spirit tersendiri dari paa pemain, staf, pelatih, dan warga Kroasianya tersebut. Tak lupa Presiden Kroasia yang hadir di pertandingan Kroasia dan sempat masuk ke ruang ganti pemain untuk memberi selamat.

Pertandingan yang menarik untuk ditonton pada Minggu nanti. Akankah Perancis dapat mengulang kembali kejayaan mereka pada tahun 1998 ataukah Kroasia tim kuda hitam yang secara mengejutkan dapat mencetak sejarah di negaranya menjadi Juara Piala Dunia pertama kalinya?

***