Sudah Lama Sekali Orang Selayar Kesulitan...

Jumat, 6 Juli 2018 | 07:22 WIB
0
982
Sudah Lama Sekali Orang Selayar Kesulitan...

Sudah lama sekali orang Selayar di Sulawesi Selatan mengalami kesulitan setiap kali ingin menyeberangi Selat Selayar. Selat ini adalah bagian dari perairan yang memisahkan landas kontinen Asia dan Australia sejak zaman es. Tak pernah jadi bagian dari daratan benua besar yang kemudian tenggelam ketika es mencair. Anda bisa menduga berapa kedalamannya.

Sudah lama sekali orang Selayar juga kesulitan mendatangi pulau-pulau lebih kecil lainnya di wilayah perairan yang sangat luas itu.

Tapi di awal tahun 1980-an ada hal yang mengejutkan.

Itulah eranya Pemerintahan Presiden Suharto. Ada sebuah BUMN bernama ASDP yang mengoperasikan kapal ferry dengan standar sangat bagus. Namanya KMP Tenggiri. Ini bukan jalur penyeberangan gemuk yang bisa mendatangkan laba.

Tapi kita tahu pemerintah saat itu menjalankan tugas pokok terkait keselamatan rakyatnya.

Sekarang tidak ada lagi pemerintahan yang mau begitu. Seakan-akan semuanya harus diserahkan ke pasar. Biarkan pemain swasta bersaing. Pakai logika kapitalistik.

Tapi logika dagang tak selalu menjamin keselamatan konsumen - terutama karena si pedagang dengan mudahnya main mata dengan si pemerintah. Tak perlu perduli kelayakan kapalnya. Tutup mata saja. Besi tua atau bukan, yang penting konsumen mau menggunakannya. Orang Selayar dijadikan konsumen dengan pilihan yang sangat terbatas.

Hari-hari ini orang Selayar memang berduka. Dan nanti jika pemilu tiba - para politisi itu akan mendatangi mereka dengan segala dustanya. Tanpa ada yang benar-benar menyentuh persoalan konkrit.

Yaitu: menghentikan untuk selamanya kesulitan orang Selayar menyeberangi Selat Selayar.

***