Terjun Ke Politik, Politikus Mestinya Wajib Punya Kartu Anggota Parpol

Kamis, 5 Juli 2018 | 11:28 WIB
0
609
Terjun Ke Politik, Politikus Mestinya Wajib Punya Kartu Anggota Parpol

Partai Politik di sistem demokrasi yang kita anut mewajibkan adanya sebuah partai politik sebagai penyalur aspirasi rakyat. Tanpa partai politik, apakah bisa dianggap kita menganut sistem demokrasi? Lah, sistem monarki modern juga ada partai politik dengan sistem parlementernya.

Tidak dipungkiri bahwa saat ini pandangan terhadap sebuah partai politik tidak sebaik yang kita harapkan dengan berbagai skandal, manipulasi bahkan korupsi yang dilakukan oleh anggota dewan yang terhormat. Namun semua itu adalah sebuah proses berdemokrasi yang lebih baik.

Partai politik sendiri tujuan utama bukanlah kekuasaan semata, namun dengan cita-cita yang luhur yaitu bisa mengatur serta membangun sebuah negara yang lebih baik demi kesejahteraan rakyatnya. Dengan keadaan partai politik saat ini apakah kita harus meninggalkan sistem domakrasi? 'Kan tidak mungkin.

Seseorang yang mau terjun ke dunia politik menduduki jabatan politik baik itu gubernur, bupati dan walikota sebaiknya mau menjadi kader partai minimal punya Kartu Anggota Partai sebagai pendidikan politik kepada rakyat bahwa kita menganut sistem demokrasi.

Jika tidak mau harusnya melalui jalur independen atau perorangan dengan ketentuan dan syarat berlaku.

Partai politik pun sebaiknya mewajibkan setiap orang yang ingin maju menduduki jabatan politik harus mau menjadi anggota partai, tidak membolehkan seseorang tidak perlu menjadi Anggota partai untuk menduduki jabatan politik demi sebuah pencitraan untuk menarik simpati rakyatnya.

Bagaimanapun pendidikan politik itu penting, bukan hanya dibangku sekolah atau kuliah namun kenyataan di masyarakat harus juga di implementasikan secara langsung sehingga rakyat paham apa itu berdemokrasi, di samping juga untuk membangun sistem demokrasi yang lebih baik semua harus mau berkorban demi kepentingan bangsa dan negara sesuai cita-cita seluruh rakyat Indonesia.

Meski pahit, seorang bapak jendral Prabowo Subianto mewajibkan setiap orang yang mau maju menduduki jabatan politik melalui partainya harus mau menjadi anggota partainya. Ini sesungguhnya adalah sebuah pesan moral kepada rakyat Indonesia bahwa kita menganut sistem demokrasi.

Jika tidak ingin mencalonkan diri melalui partai politik harusnya melalui jalur independen, itulah pendidikan politik praktis sesungguhnya. Jangan sampai terjadi salah kaprah di antara anak bangsa tentang politik, jangan ada seseorang mau menggunakan kendaraan partai namun tidak mau bergabung menjadi anggota partai.

Meski punya kepentingan yang baik untuk membangun bangsa dengan menjadi pejabat politik dengan memanfaatkan partai sebagai kendaraan politik tanpa menjadi anggota sebuah partai, harusnya seseorang calon bupati, walikota, gubernur bahkan presiden juga mau memberikan pendidikan politik supaya demokrasi di negeri ini menjadi lebih baik.

Partai politik juga harus jelas jangan abu-abu dengan mendukung tanpa syarat menjadi anggota partai, karena demokrasi membolehkan jalur independen dalam setiap pencalonan, untuk apa partai di dirikan jika tak mampu menyiapkan kader atau mencari dan merekrut anggota partai baru yang terbaik untuk membangun partai secara bersama-sama demi sebuah demokrasi yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mari kita bangun sistem demokrasi di negeri ini menjadi lebih baik dari hari ini...

***