Presiden Joko Widodo dan Presiden Bank Dunia Blusukan ke Desa Tangkil

Kamis, 5 Juli 2018 | 11:51 WIB
0
753
Presiden Joko Widodo dan Presiden Bank Dunia Blusukan ke Desa Tangkil

Hari Rabu 4 Juli 2018, Presiden Joko Widodo bersama dengan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, mengadakan blusukan ke Desa Tangkil, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Saya turut hadir mendampingi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Di desa ini, kami meninjau langsung penanganan yang dilakukan pemerintah untuk menanggulangi permasalahan terkait stunting di Indonesia dengan meninjau kegiatan posyandu, pemberian makanan tambahan berbahan dasar lokal, penyuluhan untuk ibu hamil dan pendidikan anak usia dini (PAUD).

Adapun makanan tambahan untuk ibu hamil yang disajikan adalah bubur kacang hijau, telur rebus, dan jambu Kristal. Untuk balita dan PAUD diberikan bubur kacang hijau, telur rebus, dan pisang.

Presiden RI mengatakan bahwa program pengurangan kekerdilan atau stunting telah dilakukan dengan pemberian makanan tambahan dan kampanye-kampanye lewat Posyandu.

Namun, Presiden juga menekankan, upaya-upaya tersebut tidaklah cukup apabila tidak didukung dengan tindakan lain. Sejumlah upaya lain yang kini dipertimbangkan oleh pemerintah antara lain dengan pemanfaatan teknologi terkini dan merangkul sektor swasta.

Beliau juga menambahkan bahwa Indonesia ingin menggunakan teknologi, melibatkan sektor swasta, menggunakan inovasi-inovasi baru, dan melibatkan ormas-ormas Islam dan agama lain untuk pengurangan stunting ini secepat-cepatnya.

Kepala Negara dalam blusukannya kali ini sengaja mengajak Presiden Bank Dunia untuk melihat langsung cara pemerintah Indonesia melakukan penanganan stunting di negara-negara berkembang.

Bank Dunia memiliki pengalaman-pengalaman yang banyak dan panjang di negara-negara lain. Kita harapkan nanti ini bisa kita diskusikan bersama dengan Bank Dunia.

Pada kesempatan tersebut, kami juga membagikan sejumlah buku tulis untuk anak-anak dan mencicipi penganan penambah gizi anak.

***

Sumber Foto dan Berita: Biro Pers, dan Media Sekretariat Presiden