Bintik Autobiografi

Rabu, 6 Juni 2018 | 04:30 WIB
0
644
Bintik Autobiografi

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 100 trilyun SEL. Di dalam setiap sel ada bintik hitam yang disebut inti (nucleus). Tiap inti mengandung dua perangkat lengkap gen (genom) manusia: seperangkat dari ibu dan seperangkat dari ayah.

Setiap GENOM ibarat buku autobiografi manusia yang ditulis dengan kode-kode kimia, pada rantai-rantai panjang gula dan fosfat yang disebut molekul DNA.

Buku itu terdiri dari 23 bab yang disebut KROMOSOM, yang mengandung sepasang molekul DNA yang sangat panjang.

Tiap bab terdiri dari beberapa ribu cerita yang disebut GEN. Tiap cerita tersusun dari paragraf yang disebut EKSON, dan diselingin iklan yang disebut INTRON. Tiap paragraf terbentuk dari kata-kata yang disebut KODON. Tiap kata terdiri dari huruf-huruf yang disebut BASA.

Bayangkan, dalam bintik kecil bermuatan genom yang membentuk rantai DNA itu, seluruh rangkaian sejarah manusia terekam sejak awal kehidupan di bumi sekitar 4 milyar tahun yang lalu.

Bila dituliskan, buku itu terdiri dari satu milyar kata, sepadan dengan sekitar 800 buah Alkitab. Sampai-sampai, Matt Ridley menyimpulkan bahwa kehidupan laksana informasi digital yang tertulis dalam DNA.

Yudi Latif, Belajar Merunduk.

***