Opera Betawi (1): Beras Boleh Nawar Pak Enggar

Kamis, 26 April 2018 | 22:16 WIB
0
820
Opera Betawi (1): Beras Boleh Nawar Pak Enggar

Keributan di warung Bang Sodik bisa dilerai Pak RT dan warga yang lagi kerja bakti. Gara-garanya Mpok Kokom beli beras di warung Bang Sodik, Mpok Sopiah bininya Bang Sodik yang ngelayanin. Mpok Kokom beli beras pake nawar sambil bawa koran. Nunjukin saran pak Menteri Perdagangan, kalau ada yang jual beras kemahalan, harus ditawar.

Tentu saja Mpok Sopiah nggak mau berasnya ditawar. “Mpok beli aje sama Pak Mentri. Di mane-mane juga beras mah nggak bisa ditawar, emangnye roti. “

Mpok Kokom nggak mau nerima dikatain kaya gitu. “ Ini kan Pak Menteri yang bilang. Baru jual beras aje sombong. Sok merasa lebih pinter dari Pak Menteri. “

“Eh, sejek bujeg gue belon pernah denger kalo ada bininye menteri beli beras pake nawar! “ Mpok Sopiah nyolot sambil matanya mendelik.

Mpok Kokom nempelin koran ke mukanya Mpok Sopiah. “Lu baca nih. Lu buta huruf ye ! “

Pada puncak pertengkaran, Mpok kokom meraup beras, lalu diseborin ke muka Mpok Sopiah. Mpok Sopiah reflek mengambil literan beras, nimpuk Mpok Kokom. Untung Mpok Kokom sempat ngeles, tapi tetap saja kena serempet sampe bedarah. Literennya nyelonong ke dengkul Dadang yang kebetulan lewat di situ. Dadang ini yang ngelaporin ke Pak RT yang lagi kerja bakti bersama warga.

Kedua seteru itu nggak mau didamaiin. Keduanya berniat melapor ke polisi. Pak RT ambil inisiatif membawa keduanya ke Pos RW. Kebetulan di Pos RW ada Pak RW lagi ngobrol sama Bang Rojak.

Bang Rojak nggak mau ikut campur kecuali diminta. Pak RW kasih nasehat, “Begini, Mpok. Lapor polisi mah gampang. Cuma kan polisi sekarang udah kebanjiran laporan. Sekarang ini salah ngomong dikit aje dilaporin ke polisi. Lha ini urusan beras tawar aje mau ikutan nambahin kerjaan Pak Polisi. Gimana pendapat Bang Rojak?”

Karena diminta pendapatnya, Bang Rojak kasih pendapat, “Sebaeknye kite mulai dari ujung perkaranye. Ini kan gara-gara solusi Pak Menteri yang bilang, kalau ada yang jual beras mahal harus ditawar. “

“Di mane-mane juga nggak ade beras ditawar…” Mpok Sopiah motong omongan Bang Rojak.

“Tapi buktinye nih ade di Koran. Dia aje nggak bisa baca..” Mpok Kokom nyodorin Koran.

“Sudah, dengerin dulu omongan Bang Rojak." Pak RW nengahin.

Bang Rojak ngelanjutin dia punya omongan. “Kalau dipikir-pikir, kite ini lagi ngajarin Pak Menteri. Presiden bilang, kalau ada yang mau mengeritik pemerintah harus pake data sekaligus solusinye. Lha menterinya aje solusinye kaya begini. Sini korannye. “

Bang Rojak minta koran yang dipegang Mpok Kokom. Setelah dibaca sebentar, Bang Rojak merobek-robek koran itu.

"Sekarang begini," Bang Rojak ngelanjutin omongannya. “Ke pasar beli sayuran, jangan lupa beli rempela ati. Kite boleh baca Koran, tapi jangan dimasukin dalam hati. Kalau kite masukin dalam hati, hati kite jadi terombang ambing, terkadang hati kite panas, terkadang adem. Lebih parah lagi, kite jadi ikutan planga plongo. Bukan cuma berita hoax yang berbahaya, tapi juga berita resmi yang datang dari penguase seperti solusi ngasal Pak Menteri ini."

“Jadi yang salah aye nih, Bang?" Mpok Kokom nampaknya nggak mau nerima kalau dia disalahin gara-gara ikutin saran Pak Menteri.

“Bukan. Nggak ade yang salah. Kite ini rakyat, dalam situasi seperti ini rakyat harus nyari solusi sendiri. Kite tunjukin kalau kite lebih pinter dari menteri. Kalau kite betengkar gara-gara solusi menteri, para penguase mah enak-enakan di sono, kite yang bonyok. Tapi terserah deh. Mau diikutin saran aye nih ya syukur, nggak diikutin ya kebangetan. Begini… "

Mpok Kokom dan Mpok Sopiah nampak berpikir. Orang-orang yang nonton dari luar Pos manggut-manggut dengerin omongan Bang Rojak. Bang Sodik, lakinye Mpk Sopiah dan Bang Kubil lakinye Mpok Kokom yang baru nyampe ikutan manggut-mangut.

Tiba-tiba mikir dan manggut itu dibikin buyar oleh kedatangan Pak Hansip yang bawa rombongan. “Lapor Pak RW, “ kata Sarta yang udah sembilan tahun jadi hansip. “Ini ada yang betengkar gara-gara tawar menawar beras."

“Ya, Udah. Saya paham. Sekalian duduk dekat mpok mpok itu," kata Pak RW. Kemudian dia kasih perintah pada Pak hansip Sarta. “Ajak si Midun keliling kampung, cek ke setiap warung yang jualan beras. Siapa tahu ada yang berantem lagi gara-gara beras tawar. Bawa ke sini semua, biar sekalian dinasehatin sama Bang Rojak. “

“Siap, Pak!"

“Kalau di jalanan ketemu Menteri, suruh ke sini juga biar sekalian dinasehatin Bang Rojak. “

“Siap, Pak. Eh, siapa tadi? Pak mantri yang suka ngobatin orang sakit itu? “

“Bukan. Udah deh. Percuma ente nggak kenal. Pokoknya dalam sebulan dua bulan ini ente sama temen-temen ente punya tugas tambahan, jaga keamanan warung beras."

“Siap, Pak!"

***

26042018