Prabowo dan Pendukungnya, Dua Hal yang Saling Bertolak Belakang

Rabu, 18 April 2018 | 21:25 WIB
0
450
Prabowo dan Pendukungnya, Dua Hal yang Saling Bertolak Belakang

Prabowo Subianto dan pendukungnya, adalah dua hal yang berbeda. Keduanya, bahkan saling bertolak belakang, karena zaman sudah mengubahnya. Maksudnya?

Prabowo dibatasi oleh waktu. Elektabilitasnya tidak bisa terus menerus moncer. Auranya semakin lama, semakin memudar, dimakan sang waktu. Namun, pendukungnya akan selalu ada, dan akan terus berganti, tidak pernah akan pudar meski waktu mengikutinya. Mati satu, tumbuh seribu.

Prabowo akan terus dikenang, seperti halnya bangsa ini mengenang para pendahulunya. Kata-katanya begitu sakti, semua pendukungnya pasti akan membelanya, apapun itu yang dikatakannya.

Itulah hakikat manusia. Tidak selamanya bisa mengepalkan tangan ke udara. Semua sudah waktunya. Generasi harus terus berganti. Jangan memaksakan diri, jika tak ingin dilindas zaman.

Jika Bung Karno tak tergiur dengan jabatan Presiden Seumur Hidup yang dilontarkan PKI. Jika Pak Harto tak terbujuk  orang-orang terdekatnya. Mungkin, mereka semua akan dikenang dengan akhir yang baik, dan tanpa harus kehilangan tahta dengan cara yang begitu menyakitkan.

Jadilah teladan bagi semua. Jadilah 'King Maker' bagi pendidikan berpolitik yang bermartabat di negeri ini. Janganlah berlaku tak bijak, hingga semua kata yang terucap menjadi sarana pemecah-belah.

Bangsa ini tidak lahir dalam satu hari, tapi semuanya bisa hancur hanya dalam hitungan detik.

***

Editor: Pepih Nugraha