Sepahit Apapun Kritik Amien Rais, itulah Obat Agar Indonesia Makin Sehat

Selasa, 3 April 2018 | 07:26 WIB
0
665
Sepahit Apapun Kritik Amien Rais, itulah Obat Agar Indonesia Makin Sehat

Kalau kita mau menengok ke belakang, maka kita wajib mengakui bahwa Amien Rais, Megawati, Gus Dur, dan juga Sri Sultan Hamengkubowo X adalah sederet tokoh-tokoh reformasi di negeri ini. Namun, ketika  reformasi sudah  membuahkan hasil, terkadang kita begitu "membenci" mereka oleh karena kritik yang mereka sampaikan saat ini.

Alangkah bijaknya jika kita menempatkan kritik-kritik yang disampaikan tokoh-tokoh reformasi itu, sepedas dan sepahit apa pun, adalah obat yang justru makin menyehatkan  iklim demokrasi di Tanah Air, tanpa harus melihat kekuatan politik di belakangnya

Bukankah semua itu juga bagian dari rasa syukur kita atas kebebasan "bersuara" yang saat ini kita nikmati, yang tidak lain adalah hasil perjuangan mereka dahulu.

Dalam forum ini, sebagai anak bangsa, saya ingin sekali agar Bapak Presiden Joko Widodo bisa menyempatkan diri megundang Bapak Amien Rais, Ibu Megawati, Sri Sultan HB X, atau tokoh-tokoh yang mewakili reformasi saat itu.

Ya, Bapak Presiden Joko Widodo dalam kapasitasnya sebagai Kepala Negara mengudang tokoh-tokoh bangsa untuk bersama saling mengisi, karena tak ada manusia yang sempurna, sehingga perlu ada kesatuan visi membangun Indonesia.

Kalau tujuan kita membangun Republik ini dilandasi dengan niat yang baik, maka sepedas dan sepahit apapun kritik, niscaya semua itu adalah obat agar kehidupan negeri ini semakin sehat.

***

Editor: Pepih Nugraha