Bantahan Bank Dunia dan Kritik Amien dan Hanafi Rais

Rabu, 28 Maret 2018 | 20:16 WIB
0
639
Bantahan Bank Dunia dan Kritik Amien dan Hanafi Rais

Polemik antara Politikus Senior Partai Amanat Nasional (PAN) dengan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan terus berlanjut.

Polemik yang diawali dengan penyataan Amien Rais bahwa aksi bagi-bagi sertifikat tanah yang dilakukan Presiden Jokowi adalah sebuah pengibulan. Gayung pun bersambut, Luhut menimpalinya kalau mengkritik Pemerintah jangan asal bunyi (Asbun).

Kemudian, Wakil Ketua Umum PAN sekaligus putra Amien Rais, Hanafi Rais, yang menyebut 74% lahan di Indonesia dikuasai segelintir orang merupakan data bank dunia.

Tidak cukup selesai di situ, polemik tersebut akhirnya menyeret  Bank Dunia.

Country Director World Bank for Indonesia, Rodrigo A Chaves  menegaskan tidak pernah mengeluarkan data tentang kepemilikan tanah di Indonesia.

Seperti yang dikutip di laman Detik.com 27 Maret 2018, Rodrigo tegas mengatakan Bank Dunia tidak pernah menerbitkan laporan 74% tanah di Indonesia dikuasai segelintir orang. "World Bank tidak pernah menerbitkan laporan seperti itu. Sangat jelas saya katakan bahwa itu tidak benar," tegasnya.

Jadi, siapa yang sebenarnya asal bunyi (asbun)?  Country Director World Bank for Indonesia sudah menjawabnya.

Atau mungkin data yang dimiliki Amien Rais juga bersumber dari cerita fiksi, seperti halnya buku yang dibaca Prabowo Subianto?

Entahlah, sepertinya hawa panas Pilpres sudah mulai membara.

***