Pernyataan Indonesia akan Bubar di Tahun 2030 Itu Asli Hoax

Sabtu, 24 Maret 2018 | 06:14 WIB
0
685
Pernyataan Indonesia akan Bubar di Tahun 2030 Itu Asli Hoax

Kali ini, tak tanggung-tanggung hoax ini datangnya dari Prabowo Subianto, Sang Ketua Umum Partai Gerindra. Pernyataan Prabowo Subianto yang kontroversial, soal "ramalan" yang menyebut bahwa Indonesia bubar 2030.

Dan ternyata, pernyataan Prabowo tersebut berdasarkan cerita fiksi dari novel berjudul lengkap, Ghost Fleet: a Novel of The Next World War yang ditulis oleh Peter Warren Singer dan August Cole, dua-duanya pengamat militer.

Pernyataan kontroversi Prabowo, menuai beragam reaksi dari publik. Bagi mereka yang optimis, pernyataan Prabowo ini hanya hayalan belaka, karena hasil dari amatan PricewaterhouseCoopers (PwC)  Indonesia diprediksi akan masuk dalam lima besar daftar negara dengan perekonomian terkuat di dunia.

Pernyataan Indonesia akan bubar di tahun 2030 itu serupa dengan informasi yang mengatakan komunis telah bangkit di Indonesia.

Pernyataan ini pun tidak didasari dengan fakta yang nyata. Namun, lebih banyak dilandasi oleh hayalan-hayalan yang semuanya tak lain untuk merendahkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintahan Joko Widodo.

[irp posts="13111" name="Mendadak Optimis setelah Prabowo Subianto Pidato"]

Lalu, apa jawaban mereka yang selama ini berseberangan dengan Pemerintah? Jawabannya, tidak lain bahwa pernyataan Indonesia akan bubar atau kebangkitan komunis merupakan bentuk dari kewaspadaan yang harus terjaga.

Selama ini, masyarakat seringkali dicekoki informasi yang tak berdasar. Informasi-informasi sampah yang hanya membuat masyarakat makin pesimistis dalam menatap masa depannya.

Informasi-informasi sampah ini, ikut memberikan sumbangan kegaduhan di masyarakat. Bahkan ikut merusak kerukunan yang selama ini sudah terjalin kuat.

***

Editor: Pepih Nugraha