Menengok Kinerja Polisi Menangkap Pelaku Kejahatan

Jumat, 23 Maret 2018 | 13:34 WIB
0
692
Menengok Kinerja Polisi Menangkap Pelaku Kejahatan

Tindak kejahatan yang dilakukan oleh remaja tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga terjadi di Australia. Stella, wanita asal Italia yang baru dua tahun tinggal di Australia, pada jam 9.20 malam menuju ke Stasiun Kereta Api Claisebrook, untuk pulang ke rumahnya. Akan tetapi ditempat yang gelap ia dicegat oleh 3 remaja pria yang mendesaknya ke dinding dengan maksud merebut ponselnya.

Karena menengok yang menyerang hanya remaja, maka Stella merasa mampu untuk mengusir mereka. Ternyata salah satu di antaranya menusukkan pisau kepada Stella.

Akibatnya, setelah ditusuk sebanyak 5 kali dengan terpaksa Stella melepaskan ponselnya. Pelaku tindak kejahatan yang masih remaja ini melarikan diri. Stella mencoba berteriak minta tolong. Tapi mungkin saking menahan sakit dan banyaknya darah yang keluar, ia tidak mampu lagi berteriak dan merasa akan mati di tempat kejadian. Tubuhnya tumbang ke lantai.

Namun ketika ia membuka matanya, ia melihat orang banyak sudah berkerumun mengelilingi untuk membantunya. Termasuk petugas kereta api.

Pelaku Ditangkap Hanya 300 Meter Dari TKP

Berkat ciri-ciri yang disampaikan oleh Stella, maka Polisi bergerak cepat dan dalam waktu singkat dibantu oleh warga yang berada disekitar stasiun, pelaku ditangkap dan diborgol hanya 300 meter dari tempat kejadian. Sementara Stella dilarikan kerumah sakit terdekat dan syukur, kondisinya stabil walaupun sempat banyak mengeluarkan darah.

Dengan alasan keamanan bagi pelaku yang masih remaja, polisi tidak bersedia menyebutkan nama dan identitas lainnya. Dalam waktu dekat diajukan ke Pengadilan Anak.

Semua Warga Adalah Informan Polisi

Bagi warga Australia, tanpa diminta mereka dengan sukarela akan menjadi informan Polisi. Kejadian sekecil apapun yang dianggap berpotensial menimbulkan bahaya tak luput dari perhatian warga.

Bahkan kalau ada kendaraan yang ngebut atau mengemudikan kendaraan dengan zigzag, maka  pengguna jalan raya lainnya akan menelpon  polisi. Dan dalam waktu singkat, kendaraan patroli Polisi yang dikenal dengan tulisan : "Ranger" akan memburu pengemudi hingga tertangkap.

Saya sudah beberapa kali menyaksikan secara langsung bagaimana Polisi di sini bekerja menangkap orang yang dicurigai. Dalam waktu singkat 3 atau 4 kendaraan patroli polisi akan mengepung  dan menangkap orang yang dicurigai. Bila melarikan diri maka ketika tertangkap, pasti akan diborgol dan diperlakukan sebagai penjahat.

Karena itu bilamana suatu waktu berada di Australia dan entah karena apa diperintahkan berhenti, maka yang terbaik adalah mengikuti perintah dan berhenti.

Paling diberikan peringatan atau ditilang. Tapi kalau melarikan diri, walaupun tidak bersalah, tapi kalau tertangkap jangan heran bila diperlakukan sebagai seorang pelarian.

***

Editor: Pepih Nugraha