Gaya

Lakukan 4 Hal ini Agar Terhindar dari Pelakor

Pelakor, Kehidupan, Rumah Tangga, Relasi Sosial, Headline, Asmara, Percintaan
Dinner (Foto: Dailymoslem.com)
Secara penampilan suami atau istri juga harus menjaga kebugaran badan dan penampilan. Jangan biarkan penampilan menurun karena umur, pasti ada kiatnya.

Beberapa hari ini marak video tentang pelakor, viral dan banyak yang menanggapi di banyak media. Ada yang membuat video parodi untuk menanggapi. Pelakor atau perebut lelaki orang memang bagi sebuah keluarga sangat membahayakan.

Kejadian ini bisa menimbulkan perselingkuhan, juga akan merusak rumah tangga.

Cahyadi Takariawan penulis buku Wonderful Family mengungkapan bahwa perselingkihan jelas melibatkan hati dan perasaan kedua belah pihak. Artinya tidak terjadi sepihak karena biasnya terjadi situasi “botol ketemu tutup”. Ada beberapa tips agar perselingkuhan dan pelakor bisa dihindari, antara lain:

Hindarkan diri dari perasaan kebosanan dalam berumah tangga

Kalau hubungan suami istri atau rumah tangga monoton maka akan hadir kebosanan. Bangun suasana keluarga yang fresh, buat acara keluarga yang menyenangkan dan menenangkan. Agendakan suami dan istri dinner hanya berdua saja, ibarat pengantin baru yang baru menikah bangun suasana selalu pengantin baru.

Secara penampilan suami istri juga harus menjaga badan dan penampilan. Jangan biarkan penampilan menurun karena umur.

Hindarkan diri dari keinginan mencari pelarian

Konflik pasti ada dalam rumah tangga, jangan biarkan berlarut-larut dan lama. Penyelesaikan konflik yang baik akan menghindarkan diri dari mencari pelarian. Komunikasi efektif akan menjadi jalan terurainya masalah, sikap memaafkan itu bagian dari komunikasi efektif. Masalah akan mudah teruarai apabila kedua belah pihak saling terus terang. Selesaikan sebaik mungkin dan secepatkan mungkin agar terhindar dari mencari pelarian.

Hindarkan diri dari tergoda dengan wanita atau pria lain

Kadang rumput tetangga lebih hijau dari rumah sendiri, inilah pandangan manusia sering menipu. Padahal belum tentu itu baik bagi kita, seharusnya kita bersyukur terhadap apa yang kita miliki. Hal pertama agar tidak tergoda adalah tundukkan pandangan, menunduk bukan hanya secara fisik tetapi juga secara hati.

Baca Juga:  An Ordinary Man (2017)

Ada pesan ustadz dalam sebuah video yang mengatakan kalau kau ingin istrimu tetap cantik maka tundukkanlah pandanganmu. Mata dan hati harus padu dalam melihat sesuatu, jangan biarkan diri yang lemah ini tergoda oleh wanita atau pria lain yang bukan hak kita.

Hindarkan diri dari kekecewaan yang berlebihan

Semua orang pasti pernah punya salah, hal pertama adalah memaafkan dan jangan ungkit masa lalu. Kecewa pada pasangan pasti ada karena manusia itu tidak sempurna. Harapan manusia kadang berlebihan sehingga menjadikan kekecewaan yang berlebihan.

Respek adalah bentuk penyeimbang agar manusia berpikir wajar tanpa kecewa berlebihan. Pasangan yang baik adalah yang meminta maaf terlebih dahulu, banyak memaafkan dan tidak menungkit masa lalu berlebihan.

Mari kita bangun ketahanan keluarga yang baik agar Indonesia lebih baik. Keluarga kuat, Indonesia hebat.

***

Editor: Pepih Nugraha