Indonesia Segera Miliki Pesawat Angkut Militer Superjumbo Airbus A400M

Kamis, 8 Maret 2018 | 17:06 WIB
0
959
Indonesia Segera Miliki Pesawat Angkut Militer Superjumbo Airbus A400M

Pesawat Airbus A400M adalah pesawat angkut militer super jumbo, pesawat ini sangat tangguh dalam segala medan. Airbus A400M adalah jenis pesawat multifungsi yang bisa membawa misi atau menjalankan tiga tugas yang berbeda, yaitu misi taktis jarak pendek, misi strategis jarah jauh dan sebagai tanker.

Airbus A400M juga bisa menjalankan misi kemanusiaan dalam distribusi makanan atau logistik dan sebagai pesawat yang sangat ideal dalam pengangkutan. Dan juga bisa membawa jumlah pasukan yang sangat banyak apabila dibutuhkan untuk dikirim ke daerah konflik atau misi kemanusiaan di wilayah seluruh penjuru Indonesia.

[caption id="attachment_12106" align="alignleft" width="580"] Kapasitas A400M (Foto: Indomiliter.com)[/caption]

Bahkan saking besarnya ruangan dalam pesawat Airbus A400M bisa membawa helikopter, tank, truk militer atau peralatan militer lainya. Dan juga bisa menurunkan secara langsung dari udara dengan bantuan parasut seperti peralatan tempur atau menurunkan bantuan untuk misi kemanusian.

Ukuran pesawat ini lebar bagian dalam kurang lebih 4 meter, tinggi 4 meter dan panjang kurang lebih 18 meter.

Airbus A400M juga mempunyai keunggulan lainnya, yaitu bisa mendarat di tempat tidak beraspal dan landasan yang pendek. Dengan roda berjumlah 12, dirancang untuk landasan yang berpasir atau kerikil. Dan pesawat ini sangat cocok untuk TNI AU untuk membantu mengangkut barang-barang dalam jumlah banyak ke wilayah-wilayah pelosok untuk membantu program pemerintah seperti mengangkut bahan bakar, menyalurkan bantuan atau menjadi pesawat kargo.

Intinya pesawat ini multiguna,bisa untuk kepentingan militer atau untuk kepentingan bisnis,yaitu mengangkut barang-barang logistik.

Pesawat Airbus A400M pernah mendarat di Halim Perdanakusuma dalam rangka menawarkan pesawat ini kepada pihak TNI AU. Dan negara tetangga kita Malaysia sudah mempunyainya. Sedangkan negara kita belum mempunyai, padahal pesawat jenis ini sangat dibutuhkan karena wilayah kita yang sangat luas dan maritim.

Pihak TNI AU sangat berminat dan tertarik untuk membelinya, tetapi di tengah anggaran militer yang serba terbatas, belum bisa memenuhi untuk pengadaannya. Akan tetapi juga tidak kekurangan akal atau bisa disiasati dengan bekerjasama menteri BUMN.

Lewat Kementerian BUMN akan membeli dua pesawat A400M atau lima yang akan dioperasikan oleh TNI AU dan saat ini telah mempersiapkan pelatihan untuk pilot dan teknisi.

Dan perusahaan yang akan membeli yaitu Perusahan Perdagangan Indonesia atau PPI, milik BUMN.

Tujuan Perusahaan Perdagangan Indonesia membeli pesawat jenis ini untuk membantu pendistribusian barang ke seluruh wilayah Indonesia. Dan untuk membawa barang-barang dari PT PPI untuk mengurangi disparitas harga kebutuhan pokok antara wilayah timur dan barat.

[irp posts="10610" name="Selamat Datang Pesawat Tempur Supercanggih Sukhoi SU-35!"]

Kesiapan pihak TNI AU siampaikan oleh Kepala Staf TNI AU (KASU),yaitu Marsekal TNI Yuyu Sutisna saat menerima kunjungan Direktur Utama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia Agus Andiyani,di ruang kerja KASU, Cilangkap, Jakarta 7 Maret 2018 .

Kepada KSAU, Agus Andiyani menyampaikan bahwa Kementerian BUMN akan mengadakan pengadaan dua unit pesawat Airbus A400M yang operasionalnya akan diawaki oleh para pilot dan teknisi TNI AU.

***

Editor: Pepih Nugraha