Sudah Saatnya Memiliki Indonesia Development Watch

Jumat, 2 Maret 2018 | 16:27 WIB
0
431
Sudah Saatnya Memiliki Indonesia Development Watch

Indonesia butuh lembaga semacam "Indonesia Development Watch" (IDW) yang credible dan terpercaya untuk menilai, mengukur dan mengevaluasi keberhasilan pembangunan Indonesia setiap 5 atau 10 tahun sekali dalam semua aspeknya: ekonomi, politik, budaya, hukum, agama, pendidikan dsb.

Termasuk kinerja lembaga-lembaga publik dan pemerintah: DPR, pemerintah, kepolisian, KPK, Kejagung, lembaga-lembaga kementerian, MUI dll.

Di situ dilaporkan perkembangan terakhir yang up to date setiap 5/10 tahun sekali tentang indeks pembangunan Indonesia. Selama ini sudah ada tapi parsial, terpisah-pisah dan berceceran, berkelompok bahkan mewakili kelompok yang subjektif. IDW harus melampaui itu semua.

Rakyat dan pengelola negeri cukup melihat laporan perkembangan kemajuan dan kemunduran Indonesia dari situ, tidak dari mana-mana, dan semua orang percaya karena kredibiltas dan independensinya.

Ketika rakyat membaca laporan IDW, mereka pun menilai dan merasakan klop, match, nyambung dengan realitasnya alias kehidupan yang sesungguhnya.

Pengurusnya para intelektual, cendekiawan dan para profesor kredibel dan independen dari berbagai perguruan tinggi terkemuka dan para ahli di bidangnya masing-masing yang track recordnya diakui dan mumpuni.

Laporan IDW dijadikan rujukan utama dan dipercaya semua orang: rakyat, ormas, orpol, pemerintah, DPR, swasta, pelaku ekonomi, para politisi, tokoh agama, budayawan dll.

Kita semua cukup melihat perkembangan Indonesia mutakhir setiap 5/10 tahun sekali dari laporan IDW itu.

Adakah lembaga semacam ini di negara lain? Kalau belum, Indonesia akan jadi yang pertama dan bukan tidak mungkin kalau kita mau.

***

Editor: Pepih Nugraha