Wacana

Perbedaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang dan Olimpiade Munich

Perang Korea, Unifikasi, Olimpiade Musim Dingin, Pyeongchang, Munich, Headline
Moon Jae-in dan Kim Jong-un (Foto: AFP)
Perang di Semenanjung Korea itu sangat mengerikan dan mematikan. Waktu itu sekitar tiga juta tentara dan dua juta penduduk di kedua negara tewas.

Foto di atas dilansir dari AFP, di mana terlihat suasana keakraban antara Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in (tengah) dengan utusan khusus Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, yaitu adik perempuannya sendiri, Kim Yo -jong.

Peristiwa ini terjadi ketika pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 di Pyeongchang Stadium, Korsel, Kamis, 9 Februari 2018 malam yang lalu. Olimpiade ini akan berlangsung hingga 25 Februari 2018 mendatang. Ada 92 negara yang mengikuti Olimpiade ini.

Apa yang bisa kita saksikan ketika diselenggarakannya olimpiade ini? Bersatunya kontingen kedua Korea yang mengibarkan bendera unifikasi. Bahkan dalam jamuan makan, disampaikan undangan dari Pemimpin Korut, Kim Jong-un agar Presiden Korsel berkenan datang ke Korut.

Cairnya hubungan kedua Korea ini memperoleh dukungan dari rakyat mereka. Pesan yang ingin disampaikan, jangan hendaknya terjadi lagi perang kedua negara.

Cukup satu kali saja terjadi perang, yaitu Perang Korea yang dimulai pada 25 Juni 1950 hingga 27 Juli 1953. Perang itu sangat mengerikan dan mematikan. Waktu itu sekitar tiga juta tentara dan dua juta penduduk di kedua negara tewas.

Olimpiade Musim Dingin di Korsel tersebut ingin mengingatkan itu. Jangan ada lagi perang di Semenanjung Korea. Selanjutnya apa kaitan Semenanjung Korea dengan Olimpiade Olahraga di Munich, Jerman? Hal ini ingin memesankan tidak selalu ajang olahraga bisa dikatakan aman.

Pada waktu diselenggarakan Olimpiade di Munich tahun 1972, para atlit Israel menjadi korban oleh serangan yang dilakukan pejuang Palestina. Israel kehilangan 11 atletnya. Oleh karena itu, jangan sampai terjadi peristiwa di Munich, Jerman terjadi juga di Semenanjung Korea.

Meski kita mengatakan bahwa dari latar belakang sejarah, Semenanjung Korea berbeda dengan konflik Palestina-Israel di Timur Tengah. Yang sama, bisa saja Olimpiade Olahraga disusupi kepentingan politik. Munich, Jerman adalah salah satu contoh.

Baca Juga:  Perampasan Tanah Al-Quds oleh Israel

Tulisan pernah dimuat di wartamerdeka.net

***

Editor: Pepih Nugraha