Tiga Purnama Nusantara, antara Tebuireng-Jombang

Jumat, 9 Februari 2018 | 06:07 WIB
0
532
Tiga Purnama Nusantara, antara Tebuireng-Jombang

Tiga Purnama dari sebuah generasi platinum telah menunjukkan keteladanan yang tak ternilai bagi kita. Mereka bertiga adalah manusia ajaib yang pernah Gusti Allah anugerahkan untuk bangsa Indonesia.

Hadlrotusy Syaikh Mbah Wali Hasyim Asy'arie

Beliau pengobar perlawanan terhadap penjajah yang hendak kembali menancapkan kuku bengisnya. Melalui Resolusi Jihad, tentara Sekutu sebagai pemenang Perang Dunia II menderita shock berat dan akhirnya mendesak agar Belanda mengurungkan niatnya untuk menguasai Indonesia.

Mbah Wali KH Wahid Hasyim

Beliau adalah menteri agama pertama Indonesia dalam usia yang sangat muda. Beliau pulalah yang mampu mendamaikan antara Nasionalis Sekuler dengan Kelompok Islamis menjadi kesatuan yang harmonis sehingga NKRI yang merdeka dan berdaulat bisa terwujud. NKRI yang berbhinneka tunggal ika kita nikmati hari ini.

Mbah Wali KH Abdurrahman Wahid

Berkat keuletan beliau, NKRI yang hampir diambang disintegrasi berhasil diselamatkan. Beliau secara gemilang berhasil merekatkan semua komponen anak bangsa dari Sabang higga Merauke. Sejarah telah membuktikan, hanya Mbah Wali saja yang sanggup diturunkan secara paksa dari kursi kepresidenan, tanpa mengalirkan darah.

Khushushon ila Hadlrotusy Syaikh Mbah Wali Hasyim Asy'arie, wa khushushon Mbah Wali Wahid Hasyim, wa khushushon Mbah Wali Gus Dur, wa zawjatihi, wa awladihi, wa dzurriyatihi, wa furu'ihi, wa silsilatihi syai-ul lillah lana walahum Al Fatihah...

***

Editor: Pepih Nugraha