Gaya

Musim Transfer Januari, Alexis dan Mkhitaryan Bertukar Kesebelasan

Sepak Bola, Transfer, Pemain, Alexis Sanchez, Manchester United, Henrikh Mkhitaryan, Headline
Alexis Sanchez (Foto: Skynews.com)
Mimpi masa kecil Alexis Sanchez ingin bergabung dengan klub elite Manchester United akhirnya kesampaian juga, bahkan dengan nilaiu transfer yang fantastis.

Ada kejutan di transfer musim dingin Januari 2018 ini. Akhirnya Alexis Sanchez resmi diperkenalkan Manchester United sebagai pemain anyarnya. Kepindahan Alexis membuat Henrikh Mkhitaryan sebagai korban dengan ditukar ke Arsenal. Jadilah keduanya bertukar kesebelasan.

Konon katanya bermain untuk MU adalah impian masa kecilnya. “Sejak saya masih belia, saya sudah selalu mengatakan bahwa mimpi saya adalah bisa bermain untuk Manchester United, dan saya tak cuma mengatakannya, karena saya sekarang ada di sini dan hari ini mimpi itu jadi nyata,” kata Sanchez seperti dikutip dari Detik.com pada Selasa, 23 Januari 2018.

Dulu, saat pindah dari Barcelona ke Arsenal tahun 2014 silam, Alexis juga bilang kalo Arsenal itu klub besar dan Ia bahagiai bisa bergabung dengan tim besutan Arsene Wenger tersebut. “Saya begitu bahagia bisa bergabung ke sebuah klub yang memiliki manajer hebat, skuad berisi pemain-pemain fantastis, dan pendukung di seluruh dunia. Saya menantikan untuk bermain di Liga Primer dan Liga Champions,” kata pemain internasional Chile itu seperti dilansir dari BBC.com pada 11 Juli 2014.

Apakah waktu itu Barcelona masih kurang dianggap sebagai klub besar ya? Pemain mana sih yang gak mau bermain untuk klub Catalonia itu? Tapi waktu itu Alexis menyebut pindah ke Arsenal karena ingin memberikan banyak tropi untuk klub dengan julukan The Gunners itu.

Lalu sekarang alasan Ia meninggalkan Arsenal karena ingin merasa dianggap dan dicintai. Gayung bersambut, Ia mendapat “rasa yang diinginkan” itu dari MU. Jose Mourinho disebut sebagai faktor penting juga dalam keputusannya untuk pindah ke MU. Responnya, Jose Mourinho menyebut pemain berusia 29 tahun itu sebagai penyerang terbaik dunia.

Baca Juga:  Kalajengking Beracun yang Menyengat Para Oposan

Dan, Alexis disebut akan melengkapi skuad yang dimilikinya sekarang. Ya samalah kayak remaja baru jadian, saling muji satu sama lain. Namanya juga baru. Yang satu gimana caranya di pemain mau hijrah, si Pemain pasti bakal memuji klub baru yang udah rela membeli dan bersedia menggajinya dengan harga fantastis untuk ukuran pemain yang sudah berusia 29 tahun.

Ngomongin soal biaya transfer, Sanchez dibeli seharga 60 juta pounds plus fee yang diterima pemain Chile dan agennya. Menurut The Guardian seperti yang ditulis Antaranews.com, Sanchez diikat kontrak empat setengah tahun sampai musim panas 2022. Dia akan memiliki pendapatan 300.000 pound (Rp5,6 miliar) per minggu atau di bawah angka 500.000 pound yang sebelum ini luas disebut-sebut media.

Namun, katanya Sanchez merupakan pemain bergaji tertinggi di MU. Tak tanggung-tanggung, Sanchez diberikan kostum ikonik MU Nomor 7 yang kosong sejak Memphis Depay dijual ke Lyon Januari tahun lalu.

Soal kepergian Alexis ke MU ini disebut Wenger murni karena uang. Gila aja, siapa yang gak tergiur coba dengan jumlah uang transfer dan kesepakatan gaji sebanyak itu? Wenger bilang Arsenal gak mampu menahannya karena gak sanggup megabulkan permintaan gajinya. Bahkan klub kaya Manchester City juga dikatakan Wenger gak menyanggupi permintaan Alexis.

“Kami sudah melakukan apa yang harus dilakukan dan berusaha sekeras mungkin untuk menahannya. Bahkan Manchester City saja sampai gagal (memenuhi transfer dan gajinya). Itu memberi tahu Anda bahwa kami tidak mempunyai kesempatan untuk memperpanjang kontraknya,” ujar pria asal Prancis tersebut seperti dikutip dari Bola.com. Hanya MU yang menyanggupi permintaan tersebut. Padahal Alexis sebelumnya sudah nyaris bergabung dengan klub besutan Pep Guardiola.

Baca Juga:  Tiga Seri iPhone Resmi Ada di Indonesia Besok, Kenali Sebelum Beli!

Tapi, alasan yang paling logis mengenai kepindahan mantan pemain Barcelona ini adalah Ia ingin mendapatkan karir yang lebih bagus di MU. Apalagi disokong dengan uang yang berlimpah yang akan didapat setiap pekannya, siapa yang gak tertarik? Mempersembahkan tropi untuk Arsenal bagai mimpi yang amat sangat sulit terwujud. Bahkan lebih sulit daripada mewujudkan mimpi untuk bergabung dengan klub besar.

Hari ini Alexis juga diperkenalkan MU dengan penuh persiapan dan terbilang cukup unik. MU membuat video berdurasi 30 detik. Dalam video tersebut Alexis yang mengenakan kit lengkap seolah bermain piano dan memainkan lagu kebangsaan MU ‘Glory Glory Man United’.

Di sisi lain Sachez juga berjalan menyusuri Old Trafford dan menelisik semua sudut lapangan megah itu. Video tersebut diposting di akun Twitter Manchester United bersamaan dengan dikabarkannya secara resmi kedatangan Mkhitaryan oleh kubu sebelah. Sangat jauh berbeda cara perkenalan kedua pemain yang berpindah kesebelasan ini.

Alexis yang udah mendekati usia tua dan diprediksi MU akan menjadi klub terakhirnya sebagai pemain di level tertinggi bisa memberikan performa terbaiknya seperti yang diharapkan. Sementara Mkhitaryan yang bergabung dengan Arsenal bisa belajar dan mengembangkan diri menjadi pemain yang lebih baik untuk kemudian bisa juga hijrah menjadi pemain di klub impian, setidaknya jika Arsenal masih segitu-segitu aja.

***

Editor: Pepih Nugraha