Riset Terbaru Desember Akhir 2017, Anies Siap Tarung di Pilpres

Kamis, 18 Januari 2018 | 19:54 WIB
0
215
Riset Terbaru Desember Akhir 2017, Anies Siap Tarung di Pilpres

Menempatkan nama Anies Baswedan dalam daftar 3 besar Capres terpopuler setelah Jokowi dan Prabowo.

Kalau melihat manuver manuver Pak Anies selama memimpin Jakarta saat ini, ada kesan beliau sudah siap tarung 2019.

Kekuatan Pak Anies tidak bisa dianggap enteng, Anies memenuhi semua syarat capres potensial (jaringan, penerimaan, politik primordial, rakyat sentris) dan lain-lain. Apalagi jika hanya dibandingkan sama Jokowi yang cuma modal TV.

Dalam politik Islam, tidak ada masalah jika Pak Anies meninggalkan Jakarta untuk nyapres dalam rangka memperbaiki Indonesia akibat salah urus rezim saat ini.

Ini masalah kebutuhan umat dan tingkat darurat, tidak bisa disebut tidak amanah (fikih politik).

Jika Jokowi meninggalkan Jakarta dan mengurus Indonesia ugal-ugalan maka itu haram, lalu Anies tinggalkan Jakarta untuk memperbaiki negara akibat rezim gagal saat ini, maka itu halal (fikih politik).

Semua tentu menginginkan yang ideal, tapi dunia politik bukan dunia ideal, Jokowi dulu juga loncat dari Solo ke Jakarta dan loncat lagi dari Jakarta ke Istana, ini soal momentum, umat jangan polos dan lelet mikirnya!

Blok Islam di negeri ini dalam politik yang dinahkodai Gerindra-PKS cs bukanlah penganut politik liberal.

Tapi karena blok non Islam dalam artian politik sekuler di negeri ini yang dinahkodai PDIP cs adalah penganut isme machievelis, maka umat Islam wajib beradaptasi (fikih politik).

Di sinilah butuh kajian dan ilmu yang mendalam tentang fikih politik agar mampu melakukan ijtihad yang tepat dan benar.

Agar baper nya kita bisa diminimalisir (baperless) dalam menghadapi tahun tahun politik yang super panas khususnya 2018 sampai dengan Pilpres 2019.

***