Hanya Sekadar Mengingatkan

Selasa, 9 Januari 2018 | 15:48 WIB
0
118
Hanya Sekadar Mengingatkan

Wahai, para ustadz/ah, para mubaligh, para da'i, para penceramah, para penasehat dan lain-lain, sesungguhnya nasehat-nasehat yang diterima oleh Anda semua harus lebih banyak dari yang Anda berikan kepada jama'ah dan ummat.

Itulah cara agar nasehat-nasehat agama dan pesan-pesan akhlak moral yang Anda berikan adalah yang sudah diamalkan, yang sudah menyatu dengan sikap, perilaku dan jiwa Anda, agar seruan moral, nasehat dan dakwah Anda memiliki kekuatan, memiliki ruh, berkharisma dan pengaruhnya kuat.

 

Agar yang kita keluarkan dan berikan keluar dari hati dan jiwa kita bukan hanya dari pikiran, wawasan dan ilmu saja, apalagi ilmu yang tak diamalkan.

Bila tak ada orang yang menasehati kalian karena segan dan tak berani, carilah oleh kalian sendiri. Carilah ulama-ulama besar yang berpengaruh, orang-orang shaleh yang hatinya bersih atau orang-orang berilmu yang rendah hati, yang ilmunya sudah menjadi amalnya. Bersimpuhlah dihadapanya dengan sikap hormat, takzim dan merendahkan diri. Jauhkan kesombongan, runtuhkan keangkuhan sebab disitulah nafsu dan setan bersemayam.

Mungkin orang-orang seperti itu tak dikenal, tak populer, penampilannya biasa-biasa saja, dia merendahkan hatinya tapi pikirannya jernih, nasehat-nasehatnya menusuk jantung, ucapan-ucapannya menghujam dada, mengena dan menyadarkan kesalahan dan kekurangan-kekurangan kita.

Hanya memberi tapi kurang menerima, hanya menyampaikan tapi kurang mendapatkan, hanya menasehati tapi kurang menerima nasehat, apalagi jarang, adalah ketakseimbangan yang tidak sehat yang akan membuat ceramah, dakwah dan nasehat tidak berpengaruh kecuali diri yang makin terkenal dan tersanjung, yang justru itu adalah ujian, cobaan bahkan jebakan.

Jangankan kita, Muhammad Rasulullah saja, Nabi panutan alam, rutin menerima nasehat, ajaran dan teguran dari Jibril dan Allah SWT. Apalagi kita yang banyak kekurangan dan kelemahan, mutlak memerlukannya.

Semoga Allah selalu menyehatkan kita, meridhai kita, menjaga dan melindungi kita, menyelamatkan kita dari hisab-Nya dan dari panasnya api neraka!! Barakallahulakum.

***