Di Pilgub Maluku Utara, Kakak-Adik Saling Berhadapan

Senin, 8 Januari 2018 | 21:36 WIB
0
157
Di Pilgub Maluku Utara, Kakak-Adik Saling Berhadapan

Tidak ada yang keliru dari keputusan PKS mengusung Muhammad Kasuba dan Madjid Hussein pada pilgub Maluku Utara, sudah tepat.

Hanya kelemahan pasangan ini ada pada sosok wakil yaitu ketua DPW PAN Maluku Utara Madjid Hussein.

Bagusnya wakilnya Muhammad Kasuba diambil dari Gerindra atau dari kalangan ulama berpengaruh lain di akar rumput, atau dari kalangan tokoh muda.

Masalah pasangan yang diusung PDIP KH Abdul Ghani Kasuba yang merupakan petahana, yang dulunya juga tokoh PKS.

Memang Tidak ada cara lain bagi PKS di Maluku Utara kecuali Head to Head antara adik kakak Muhammad Kasuba vs Abdul Dhani Kasuba (AGK).

Mengingat tingkat kepedean pasangan AGK yang begitu tinggi sebagai petahana, sudah tepat bagi PKS-PAN Gerindra berada di barisan lawan.

Sedangkan masalah pasangan dari koalisi Nasdem Burhan - Ishak, walikota Ternate dan rektor Universitas Muhammadiyah adalah bukan rival yang kuat.

Pertarungan pilgub Maluku Utara saat ini concern pada dua sosok AGK dan MK, yang lain tidak terlalu berpengaruh, isu utamanya adalah ulama atau bukan, isu ekonomi, infrastruktur dan pendidikan.

Melihat provinsi ini yang terbilang provinsi kecil, eskalasi politiknya akan berjalan biasa saja, tidak ada pengaruh sama sekali ke level nasional, hanya akan panas antarsesama tokoh lokal saja.

Provinsi kecil, tulisan dan komentar saya tentang pilgub ini pendek saja, isu penting nya saja.

***