John Dowland, Penggagas Musik Pop yang Dianggap Pengkhianat

Minggu, 7 Januari 2018 | 18:53 WIB
0
659
John Dowland, Penggagas Musik Pop yang Dianggap Pengkhianat

Musik instrumental mengalami kebangkitan besar pada awal abad ke-20. Hal tersebut tak terlepas dari tangan dingin John Dowland, seorang komposer, laktis dan penyanyi Renaisans asal Inggris. Dia wafat pada 1563 dan dikuburkan pada tanggal 20 Februari 1626. Lagu-lagunya yang begitu terkenal sebut saja “Come, Heavy Sleep”, “Come Again”, "Flow my Tear”, “I saw my Lady Weepe” dan “In Darkness Let me Dwell.

Dua pengaruh utama pada musik Dowland adalah lagu-lagu pendeta yang populer, dan musik dansa hari ini. Sebagian besar musik Dowland adalah untuk instrumennya sendiri, kecapi. Ini termasuk beberapa buku karya solo lute, lagu kecapi (untuk satu suara dan kecapi), lagu-lagu sebagian dengan iringan lute, dan beberapa potongan untuk penikmat biola dengan kecapi.

Penyair Richard Barnfield menulis bahwa "sentuhan surgawi di bumi atas akal sehat manusiawi". Salah satu karya yang lebih dikenalnya adalah lagu kecapi Flow my tears:

Flow my tears, fall from your springs,

Exil'd for ever let me mourn;

Where night's black bird her sad infamy sings,

There let me live forlorn. — John Dowland.

Dia kemudian menulis apa yang mungkin merupakan karya instrumentalnya yang paling terkenal, Lachrimae, atau Seaven Teares, Figured in Seaven Passionate Pavans, satu set tujuh pavan untuk lima biola dan kecapi, masing-masing berdasarkan pada tema yang berasal dari lagu kecapi "Flow my tears", yang belakangan menjadi salah satu kumpulan musik konsorsium yang paling dikenal di masanya. Selain itu, "Lachrymae Antiquae" juga populer di abad ketujuhbelas, yang disusun dan digunakan dalam berbagai variasi oleh banyak komponis. Dia menulis versi kecapi dari balada populer "My Lord Willoughby's Welcome Home".

Musik Dowland sering menampilkan melankolia yang begitu menyentuh saat itu. Dia menulis sebuah bagian dengan judul "Semper Dowland, semper dolens" (selalu Dowland, selalu menyedihkan), yang dapat dikatakan merupakan sebagian dari karyanya.

Lagu Dowland, "Come Heavy Sleepe, the Image of True Death", menjadi inspirasi bagi Benjamin Britten yang ditulisnya pada tahun 1963 untuk gitaris Julian Bream. Karya ini terdiri dari delapan variasi, semuanya berdasarkan tema musik yang diambil dari lagu atau iringan lutenya, akhirnya menyelesaikan setting gitar lagu itu sendiri.

Richard Barnfield, kontemporer Dowland, merujuk kepadanya dalam puisi VIII The Passionate Pilgrim (1598), soneta Shakespeare:

If music and sweet poetry agree,

As they must needs, the sister and the brother,

Then must the love be great 'twixt thee and me,

Because thou lovest the one, and I the other.

Dowland to thee is dear, whose heavenly touch

Upon the lute doth ravish human sense;

Spenser to me, whose deep conceit is such

As, passing all conceit, needs no defence.

Thou lovest to hear the sweet melodious sound

That Phoebus' lute, the queen of music, makes;

And I in deep delight am chiefly drown'd

When as himself to singing he betakes.

One god is god of both, as poets feign;

One knight loves both, and both in thee remain.

— Richard Barnfield, The Passionate Pilgrim.

Sangat sedikit yang diketahui tentang kehidupan awal John Dowland, tapi umumnya dia lahir di London. Sejarawan Irlandia W. H. Grattan Flood mengklaim bahwa Dowland lahir di Dalkey, dekat Dublin, namun tidak ada bukti yang menguatkan yang pernah ditemukan baik untuk pernyataan tersebut atau atas klaim Thomas Fuller bahwa dia lahir di Westminster.

Pada 1580, Dowland pergi ke Paris, di mana dia bekerja untuk Sir Henry Cobham, duta besar pengadilan Prancis, menggantikan Sir Edward Stafford. Dia menjadi seorang Katolik Roma saat itu. Pada tahun 1584, Dowland kembali ke Inggris dan menikah. Pada tahun 1588 ia mengaku Mus. Bac. dari Christ Church, Oxford. Pada tahun 1594, dia mengirimkan lowongan pekerjaan ke pengadilan Inggris, namun lamarannya tidak berhasil - dia mengklaim bahwa agamanya menyebabkan dia tidak ditawari jabatan di pengadilan Protestan Elizabeth I tersebut.

Dari 1598 Dowland bekerja di istana Christian IV di Denmark, meskipun ia terus menerbitkannya di London. Raja Christian sangat tertarik pada musiknya dan membayar Dowland 500 daler setahun, yang menjadikannya salah seorang dengan bayaran tertinggi di pengadilan Denmark.

Meskipun Dowland sangat dihormati oleh King Christian, dia bukanlah seorang pekerja yang ideal. Hal tersebut terlihat saat dia sering kali mengabaikan cuti ketika pergi ke Inggris untuk menerbitkan bisnis atau karena alasan lain. Dowland dipecat pada tahun 1606 dan kembali ke Inggris tahun itu juga.

Pada awal tahun 1612, dia mendapatkan jabatan sebagai salah satu tangan kanan James I. Ada beberapa komposisi yang berasal dari saat penunjukan pekerjaannya sampai kematiannya di London pada tahun 1626. Sementara tanggal kematiannya tidak diketahui, "Pembayaran terakhir Dowland dari pengadilan pada tanggal 20 Januari 1626, dan dia dimakamkan di St Ann's , Blackfriars, London, pada tanggal 20 Februari 1626.”

Kecurigaan pengkhianatan

Dowland melakukan sejumlah tugas spionase untuk Sir Robert Cecil di Prancis dan Denmark; Meskipun tingkat upahnya tinggi, Dowland tampaknya hanya seorang musisi istana. Namun, sebuah fakta mengungkapkan bahwa dia juga terlibat dalam intrik Katolik yang pedas di Italia, ke mana dia pergi dengan harapan bertemu dan belajar dengan Luca Marenzio, seorang komposer madrigal yang terkenal.

Bagaimanapun agamanya, bagaimanapun, dia masih sangat setia kepada sang Ratu, meskipun dia tampaknya memiliki dendam terhadapnya karena ratuberkomentar bahwa Dowland, “adalah seorang pria yang melayani pangeran di dunia, tapi (dia) adalah seorang Papist (penganut agama Katolik) yang keras kepala”.

Namun, terlepas dari ini, dan meskipun para komplotan tersebut menawarkan sejumlah besar uang dari Paus, juga perjalanan yang aman bagi istri dan anak-anaknya untuk datang kepadanya dari Inggris, pada akhirnya dia menolak untuk melakukan sesuatu yang lebih berkaitan dengan rencana mereka dan memohon pengampunan dari Sir Robert Cecil dan dari sang Ratu.

Kehidupan pribadi

John Dowland menikah dan memiliki anak-anak, sebagaimana dirujuk dalam suratnya kepada Sir Robert Cecil. Namun, dia memiliki masa pemisahan yang panjang dari keluarganya, karena istrinya tinggal di Inggris saat dia bekerja di Benua Eropa.

Putranya Robert Dowland juga seorang musisi, bekerja untuk beberapa waktu dalam pelayanan Earl of Devonshire pertama, dan mengambil alih posisi ayahnya sebagai perantau di pengadilan saat John meninggal dunia.

Lirik dan musik melankolis Dowland sering digambarkan sebagai upayanya untuk mengembangkan "kepribadian artistik" meskipun sebenarnya dia adalah orang yang ceria, namun banyak keluhan pribadinya, dan nada kepahitan dalam banyak komentarnya, menunjukkan bahwa sebagian besar musiknya dan kemurungannya benar-benar berasal dari kepribadian dan frustrasinya sendiri.

Interpretasi modern

Salah satu musisi abad ke-20 pertama yang berhasil membantu merebut kembali Dowland dari buku-buku sejarah adalah seorang penulis lagu, yakni Frederick Keel. Keel memasukkan lima belas potongan lagu Dowland dalam dua set lagu cinta Elizabeth yang diterbitkan pada tahun 1909 dan 1913, yang mencapai popularitas di zaman mereka. Pengaturan bebas untuk piano dan suara rendah atau tinggi ini dimaksudkan agar sesuai dengan selera dan praktik musik yang terkait dengan lagu-lagu seni saat itu.

Pada tahun 1935, komposer kelahiran Australia, Percy Grainger, yang juga memiliki ketertarikan mendalam pada musik yang dibuat sebelum Bach, mengaransment kembali lagu Dowland dengan penambahan piano. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1953, Grainger menulis sebuah karya berjudul Bell Piece Ramble on John Dowland's 'Now, O now I needs must part, yang merupakan versi yang diperuntukkan bagi band suara dan angin, berdasarkan transkripsi yang telah disebutkan sebelumnya.

[embed]https://youtu.be/5l6jF8v_Wus[/embed]

Pada tahun 1951, seorang pembawa acara terkenal, Alfred Deller (1912-1979) merekam lagu-lagu Dowland, Thomas Campion, dan Philip Rosseter dengan label HMV (His Master's Voice) HMV C.4178 dan satu HMV C.4236 dari "Flow my Tears". Pada tahun 1977, Harmonia Mundi juga menerbitkan dua rekaman lagu Deller yang menyanyikan lagu-lagu luhur Dowland (HM 244 & 245-H244/246).

Musik Dowland menjadi bagian dari repertoar kebangkitan musik awal dengan lutenist Julian Bream dan tenor Peter Pears. Disusul pula oleh Christopher Hogwood dan David Munrowand the Early Music Consort di akhir 1960-an dan kemudian dengan Academy of Ancient Music dari awal 1970-an.

Jan Akkerman, gitaris band rock progresif asal Belanda Focus mencatat, "Tabernakel" pada tahun 1973 (meskipun dirilis pada 1974), sebuah album lagu John Dowland dan beberapa materi asli, yang dilakukan dengan kecapi. Karya lengkap John Dowland dicatat pula oleh Permaisuri Musicke, dan dirilis di label L'Oiseau Lyre.

Perekaman Seri Baru ECM 1999  In Darkness Let Me Dwell menampilkan interpretasi baru tentang lagu-lagu Dowland yang dilakukan oleh tenor John Potter, lutenist Stephen Stubbs, dan pemain biola baroque Maya Homburger bekerja sama dengan musisi jazz Inggris John Surman dan Barry Guy.

Nigel North mencatat karya lengkap Dowland untuk solo lute pada empat CD antara tahun 2004 dan 2007, pada catatan Naxos. Selain itu, Elvis Costello juga menyertakan sebuah rekaman (dengan Fretwork dan Ensemble Komposer) milik Dowland "Can she excuse my wrongs" sebagai lagu bonus untuk rilis ulang The Juliet Letters tahun 2006.

Pada bulan Oktober 2006, Sting mengatakan dia telah terpesona oleh musik John Dowland selama 25 tahun. Atas alasan itu, dia bersama Edin Karamazov dan bekerjasama dengan sebuah rumah musik Deutsche Grammophon merilis sebuah album yang menampilkan lagu-lagu Dowland seperti Songs from the Labyrinth. Puncaknya, karya Download dipertontonkan dalam pertunjukan hebat di salah satu stasiun televisi United States, pada 26 Februari 2007.

Selain itu, Sting juga membacakan seluruh bagian album dari sebuah surat 1593 yang ditulis oleh Dowland kepada Sir Robert Cecil. Surat tersebut menggambarkan perjalanan Dowland ke berbagai titik di Eropa Barat, kemudian menerobos penjelasan rinci tentang aktivitasnya di Italia dan dengan sepenuh hati menolak tuduhan pengkhianatan kepadanya oleh orang-orang tak dikenal.

***